DJBC Sulbagsel ikut merayakan Hari Bea Cukai ke-75, Sabtu (02/10/2021)/Ist

Hari Bea Cukai ke-75, DJBC Sulbagsel Ajak Perkuat Kolaborasi

Senin, 04 Oktober 2021 | 13:19 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Hari Bea Cukai ke-75 jatuh pada Sabtu (02/10/2021). Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) pun turut merayakan.

Peringatan ini dilaksanakan secara virtual serentak di seluruh Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati pun hadir langsung mengikuti peringatan Hari Bea Cukai tersebut.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan, Nugroho Wahyu Widodo mengajak seluruh pegawai terus berkolaborasi dalam menguatkan kerja-kerja institusi. Utamanya memberikan pelayanan, pengawasan, serta penegakan aturan.

Menurutnya, untuk mewujudkan itu perlu adanya pembentukan tim yang baik. Ia mengibaratkannya sebagai tim sepak bola yang punya penyerang, pemain sayap, pemain bertahan, hingga penjaga gawang. Saling melengkapi.

“Yang ingin saya sampaikan, semua berfungsi di tempat masing-masing dan saling menguatkan untuk tujuan yang sama, yaitu mencetak gol,” ujar Nugroho.

Terlebih, kata dia, DJBC punya peran penting dalam mengoptimalkan penerimaan negara. Baik melalui penerimaan bea masuk, bea keluar, pajak dalam rangka impor (PDRI), cukai, dan PPH hasil tembakau.

“Potensi penerimaan kita cukup besar. Makanya kita terus perkuat. Tentunya dengan mengoptimalkan pelayanan, pengawasan, dan penegakan aturannya,” tandasnya. (*)