Tim Kemendikbud Ristek meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional di SMP Islam Athirah 1 Makassar, Rabu (06/10/2021)/Ist

Asesmen Nasional, SMP Islam Athirah 1 Makassar Disambangi Tim Kemendikbud Ristek

Jumat, 08 Oktober 2021 | 15:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tim Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional (AN). Bertempat di SMP Islam Athirah 1 Makassar, Rabu (06/10/2021).

SMP Islam Athirah 1 Makassar merupakan satu-satunya sekolah swasta yang dikunjungi oleh tim Kementerian. Lainnya, sekolah negeri yakni SMPN 6.

SMP Islam Athirah 1 menjadi perwakilan sekolah swasta di Makassar. Itu sebagai sampel pemantauan tim Asesmen Nasional SMP dari Kemendikbud Ristek.

AN merupakan pengganti Ujian Nasional (UN) yang baru dilaksanakan tahun ini dan dilakukan dengan survei tiga komponen berbeda. Yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Sebanyak 45 siswa kelas VIII mengikuti AN yang diadakan secara luring di SMP Islam Athirah 1 Makassar bertempat di laboratorium komputer. Pihaknya pun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Peninjauan yang dilakukan didampingi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) kota Makassar. Tim menyaksikan langsung peserta AN menjawab soal-soal di hari pertama yakni soal literasi.

Tim Kementerian pun mengapresiasi pelaksanaan Asesmen Nasional di SMP Islam Athirah 1 Makassar. Itu karena sudah berjalan aman, lancar,tertib, dan protokol kesehatan tetap terlaksana.

Menurut Tim Kementerian, AN 2021 ini dilaksanakan untuk mengetahui learning outcome dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Karena apabila tidak terlaksana tahun ini, maka tidak akan ada data point basaline pada pusat untuk mengetahui mana sekolah dan daerah yang paling tertinggal dalam pendidikan.

Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini merasa bangga atas kunjungan dari Tim Kementerian pada pelaksanaan AN yang baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. Menurutnya, Athirah adalah satu-satunya sekolah swasta yang mendapat kunjungan dari tim Kementerian untuk memantau langsung pelaksanaan AN tahun 2021.

AN sendiri dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar. Yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

“Kunjungan dari Kementrian di sekolah kami merupakan suatu kehormatan pada pelaksanaan ANBK di SMP Islam Athirah 1. Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan AN yang berjalan lancar dan aman. Jaringan yang mendukung membuat pelaksanaan Asesmen Nasional dapat terlaksana dengan baik tanpa ada gangguan,” katanya

“Terima kasih kepada proktor, teknisi, dan panitia Asesmen Nasional atas terlaksananya acara ini. Semoga hasil ANBK siswa SMP Islam Athirah 1 bisa menjadi rujukan untuk perbaikan mutu sekolah. Dan semoga pelaksanaan ANBK hari kedua besok berjalan lancar tanpa kendala,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta ANBK, Huriyah Nasya Zhafirah dari kelas VIII 2 menyampaikan kesannya selama mengikuti AN hari pertama. Menurutnya, soal-soal di hari pertama yang merupakan soal literasi tidak terlalu sulit.

Tak hanya itu, ia juga mengaku bahwa dirinya tidak merasa terbebani menjawab soal-soal. Suasana saat mengerjakan soal-soal nyaman dan tertib. Guru-guru pun yang mengawas sangat memperhatikan peserta AN jika ada kendala selama ANBK berlangsung. (*)


BACA JUGA