Direktur Lembaga Antikorupsi Sulsel, Muh Ansar/Ist

Apresiasi Aplikasi Pelaporan Korupsi, LAKSUS: Terobosan Luar Biasa

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 17:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel melaunching aplikasi tata cara pelaporan tindak pidana korupsi. Peluncuran berlangsung di Hotel Claro Makassar, belum lama ini.

Aplikasi ini akan lebih memudahkan masyarakat melayangkan pelaporan, dan memantau perkembangan penyelidikan. Serta penyidikan sebuah perkara korupsi yang sedang ditangani.

Selain itu, juga bertujuan untuk meminimalisir pelaporan yang berujung pada fitnah atau tindakan pencemaran nama baik. Juga adanya perlindungan saksi pelapor tindak pidana korupsi.

Aplikasi tersebut, dapat diakses melalui APP store dan Play Store. Masyarakat akan mudah mengaksesnya, dengan persyaratan awal dan wajib, memasukkan KTP, alamat jelas serta mengirimkan surat elektronik dengan lampiran dokumentasi sekiranya ada.

Launching aplikasi ini dihadiri langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam. Turut hadir Direktur Krimsus Polda Sulsel, Kombes Widoni Fedri, Kasubdit III, Kompol Fadli, aktivis LSM Antikorupsi, perwakilan pengusaha serta unsur pemerintah.

Direktur Lembaga Antikorupsi Sulsel (LAKSUS), Muh Ansar menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi terobosan Ditkrimsus Polda Sulsel. Menurut Muh Ansar, inovasi cerdas ini sekaligus merupakan implementasi yang kongkrit dalam pelibatan peran serta masyarakat. Sebagaimana yang termaktub dalam Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, pada Pasal 41 ayat (5) dan Pasal 42 ayat (5).

“LAKSUS sangat mengapresiasi terobosan ini. Kami siap membantu Polda Sulsel untuk mengoptimalkan serta memaksimalkan aplikasi ini. Terobosan ini juga merupakan bukti nyata tentang tranparansi Polda Sulsel dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,” tegas Muh Ansar.

Muh Ansar juga meminta agar semua stakeholder yang ada mendukung penuh serta berperan aktif. Itu untuk memaksimalkan program aplikasi yang akan dilaunching Polda Sulsel.(*)