#

Jadi Opening Speaker di Webinar Pendidikan, Bupati Bantaeng Tekankan Guru Harus Adaptasi Dengan Perkembangan Teknologi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:04 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin memberi opening speech pada Webinar Pendidikan dengan tema “Wujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi Dan Berkarakter Dalam Menghadapi Tantangan Global”, yang dilangsungkan secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis (14/10).

Webinar ini diikuti langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate yang bertindak selaku keynote speech. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa guru menjadi salah satu elemen masyarakat yang seyogyanya memiliki kecakaoan digital yang mumpuni, oleh karena itu Kemenkominfo terus menggalakkan program cakap digital guna membentuk pola pikir dan kreativitas guru sebagai agen perubahan. “Para siswa harus diberikan pembelajaran dinamis agar mereka dapat belajar kapan saja dan dimana saja”, katanya.

pt-vale-indonesia

Sementara itu, Bupati Bantaeng menyampaikan bahwa cakap digital menjadi sangat penting khususnya bagi Kab. Bantaeng. Selain faktor kondisi pandemi bahwa dinamika perkembangan eksternal perubahan sosial yang begitu cepat menuntut kita untuk melakukan proses yang lebih adaptif untuk perkembangan itu.

Bupati mengatakan bahwa cakap digital menjadi sebuah keharusan agar semua guru memiliki kecakapan di dunia digitalisasi. Berbagai intervensi telah dilakukan diantaranya dengan memastikan ruang publik terkoneksi dengan jaringan internet gratis. Pemerintah juga senantiasa hadir memfasilitasi keterlibatan seluruh elemen lembaga yang ada di Kab. Bantaeng dalam melakukan upaya inovasi teknologi digital.

“Salah satu yang baru-baru ini telah kami lakukan di Kab. Bantaeng yakni menghadirkan sebuah aplikasi wisata pendidikan yang lahir dari kemampuan anak-anak muda di Kab. Bantaeng, Tourist Information Centre. Bantaeng juga menjadi Kabupaten dengan aktivasi akun pembelajaran @belajar.id tertinggi di Indonesia, mencapai 51,8 % tertanggal 12 Oktober 2021”, kata Bupati.

Hal ini disebutkannya sebagai pencerminan komitmen motivasi Pemerintah bagi guru untuk memanfaatkan aplikasi teknologi digital itu. Dan ini telah dirasakan kebermanfaatannya serta sejauh mana aplikasi ini bisa melahirkan kolaborasi-kolaborasi baru yang juga mendukung percepatan penyelesaian persoalan di seluruh unit yang ada di Kab. Bantaeng.

Hal lain yang juga senantiasa didorong salah satu diantaranya yaitu lahirnya program satu guru satu inovasi yang mana menjadi perwujudan akan ketangguhan guru beradaptasi dengan kemajuan teknologi. “Tidak ada pilihan lain, guru, murid dan orang tua murid dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi, atau akan tertinggal jauh di belakang”, kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Bantaeng didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bantaeng, Muh. Haris, serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kab. Bantaeng, H. Subhan.(*)


BACA JUGA