#

Tim Verlap Kompetisi Replikasi Inovasi Sulsel Akui Kemajuan Inovasi Bantaeng

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:04 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Tim verifikasi lapangan Kompetisi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (KRIPP) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021 mengakui perkembangan inovasi Bantaeng. Hal ini terungkap, saat Tim Verlap diterima Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin di Rumah jabatan Bupati, Kamis (13/10).

Tahun 2021 ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah Sulawesi Selatan menggelar Kompetisi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik untuk pertama kalinya, yang mana Kab. Bantaeng berhasil meloloskan 4 Inovasi dari 7 Finalis yang maju ke tahapan terakhir berupa Presentasi & Wawancara.

Bupati Bantaeng, yang baru saja menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tahun 2020 menyambut baik kehadiran Tim Verifikasi. Disampaikannya bahwa pengembangan inovasi memang menjadi perhatian penting pada periode kepemimpinannya yang focus pada pengembangan sumber daya manusia. “Melalui inovasi, kami bisa meningkatkan kinerja pemerintahan yang tentunya juga akan mampu mengakselerasi capaian program-program pembangunan,” ungkapnya.

Bupati juga berharap agar kiranya Tim Verlap SulSel bukan hanya memberikan penilaian tapi juga dapat membimbing dan memberikan masukan yang dapat terus memperbaiki layanan inovasi di Bantaeng agar betul-betul dapat memberikan kemanfaatan bagi penguatan tata kelola pemerintahan serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Retno selaku Koordinator Tim Verlap dari Biro Ortala Provinsi Sulawesi selatan mengatakan bahwa tahun ini Kab. Bantaeng mendominasi finalis Kompetisi Replikasi inivoasi yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Pemprov Sulsel. “Jika dipresentasikan, Bantaeng menguasai finalis Kompetisi sebesar 60%, sesuatu yang luar biasa pencapaiannya, dan semua finalis tersebut berasal dari Inovasi bidang Kesehatan,” paparnya.

“Diharapkan ke depan Bantaeng mulai mendorong juga inovasi dari bidang lainnya-bukan hanya kesehatan, sebab dalam catatan Panitia beberapa tahun terakhir masih sangat kurang inovasi dari sector lainnya.” tambahnya.

Tim Verlap KRIPP SulSel mengirimkan 4 orang anggota ke Bantaeng yang berasal dari gabungan Pemerintah, Akademisi dan Mitra Pembangunan. Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan yang turut hadir mendampingi Bupati Bantaeng, memberi apresiasi kepada Tim Klinik Layanan Inovasi Kesehatan (KLIK Baik) yang dikoordinir Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, H. Iwan Setiawan yang berhasil mendorong perkembangan inovasi kesehatan, sehingga mampu kembali meloloskan 4 inovasinya tahun ini di Kompetisi replikasi inovasi.

Keempat inovasi yang menjadi finalis dan diverifikasi oleh Tim adalah : 1) Inovasi SASKIA Peduli Disabilitas dari PKM Baruga; 2) Inovasi SASKIA TANGGUH dari PKM Kassi-kassi; 3) Inovasi SASKIA MANIS dari PKM Lasepang, serta 4) Inovasi SASKIA PUBER dari PKM Campagaloe.


BACA JUGA