Kamsina Harap Sumber Daya Alam Kabupaten Gowa Dimanfaatkan Secara Optimal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:37 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina berharap Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Kabupaten Gowa dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal.

Hal inilah yang disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi, Sinkronisasi, dan Evaluasi Kebijakan SDA Kabupaten Gowa di Aula Pertemuan Rumah Makan Dewi Sri, Rabu (27/10/2021).

Apalagi menurut Kamsina letak geografis Kabupaten Gowa yang terdiri dari dataran dan dataran rendah memiliki potensi SDA yang cukup besar, seperti area tambang yang cukup luas dan bendungan Bili-bili, sektor pangan dan hortikultura, perkebunan, perikanan dan peternakan.

“Potensi besar ini merupakan modal awal yang sangat strategis untuk dikelola agar meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus dapat meningkatkan pendapatan daerah,” ujarnya.

Kamsina menyebutkan, di bidang peternakan saat ini Kabupaten Gowa sebagai daerah populasi sapi potong terbesar di Sulawesi Selatan. Begitupun di sektor pertanian salah satu penghasil padi dan jagung terbesar di Sulawesi Selatan.

Olehnya itu, saya berharap potensi sumber daya alam yang ada ini untuk dapat di manfaatkan dan dikelola secara optimal, termasuk melakukan integrasi dengan sektor pertanian dengan pola mina padi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Akbar Muin dalam laporan mengatakan bahwa kegiatan dilakukan untuk mendapatkan gambaran optimalisasi pemanfaatan SDA dalam bidang tanaman pangan dan hortikultura, peternakan dan perkebunan serta perikanan dan kelautan.

“Kegiatan ini juga untuk mendiskusikan pengembangan potensi komoditi tanaman pangan dan hortikultura, komoditi peternakan dan perkebunan. Selain itu, juga untuk dapat menetapkan komoditi unggulan pada setiap kecamatan sehingga tercipta sentra produksi untuk setiap komoditi,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola SDA dan perwakilan setiap kecamatan. Pada kesempatan ini juga dilakukan pemaparan materi dan diskusi optimal pemanfaatan SDA bidang tanaman pangan dan hortikultura, peternakan dan perkebunan serta perikanan dan kelautan.(*)


BACA JUGA