Anggota DPR RI, Kamrussamad (tengah) saat membuka Pelatihan Ekonomi Kreatif Kerjasama Pusat Investasi Pemerintah di Makassar, Jumat (29/10/2021)/Ist

Kamrussamad: UMKM di Sulsel Harus Go Ekspor

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 20:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Anggota DPR RI Komisi XI, Kamrussamad menyebut UMKM di Sulawesi Selatan (Sulsel) harus lebih berkembang. Produknya pun harus didorong untuk go ekspor.

Demikian disampaikannya saat membuka Pelatihan Ekonomi Kreatif Kerjasama Pusat Investasi Pemerintah di Makassar, Jumat (29/10/2021). Hal itu diharap bisa didorong melakukan kegiatan ini.

pt-vale-indonesia

“Untuk meningkatkan perekonomian di Sulawesi Selatan, pelaku UMKM Sulsel harus didorong untuk melakukan kegiatan ekspor produk,” ucapnya.

Legislator dari Fraksi Gerindra ini juga menambahkan bahwa percepatan pemulihan ekonomi memerlukan peningkatan kapasitas usaha bagi pelaku UMKM. Begitu juga dengan sokongan modal.

“Tidak hanya itu saja, dalam rangka mendorong percepatan pemulihan ekonomi daerah, maka diperlukan adanya peningkatan kapasitas usaha bagi pelaku UMKM dan kemudahan akses permodalan,” lanjut Kamsrussamad.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh berbagai narasumber. Di sektor permodalan menghadirkan Dedi Kusuma (BRI), Firman (PNM), Daswar (Pegadaian), dan sektor ekspor yaitu Aldetus (Bea Cukai), Sektor Pemasaran, Rian Saputra (Praktisi Digital Marketing-Founder Jasaku Indonesia), serta terakhir sektor produk unggulan lokal Restoe Faisal selaku Manajer Area Kopi Teori.

Selain itu, juga turut hadir Direktur Pusat Investasi Pemerintah, Muhammad Yusuf, Kepala Bank Indonesia Makassar, Causa, serta Kepala Kantor Perbendaharaan Negara Sulsel Saiful. Itu untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada Peserta Pelatihan yang berasal dari berbagai kabupaten dengan sektor produk usaha Agro, Kuliner, Fashion, dan Kriya.(*)