Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam saat wisuda periode November 2021, Kamis (4/11/2021)/Ist

Gelar Wisuda, Rektor UNM Berpesan Alumni UNM Tidak Jadi Pengangguran Intelektual

Kamis, 04 November 2021 | 21:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam memberikan motivasi dan inspirasi kepada 1000 wisudawan program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor pada kegiatan wisuda periode November 2021, Kamis (4/11/2021). Agar para alumni dapat bertarung di dunia kerja.

“Harapan saya selalu, semua alumni UNM tidak boleh ada pengangguran intelektual. Mengapa saya berkeyakinan seperti itu, UNM sebagai universitas bervisi kewirausahaan telah menetapkan matakuliah kewirausahaan sebagai matakuliah wajib diikuti seluruh jenjang pendidikan,” tegas Mantan Dekan FT dua periode ini.

pt-vale-indonesia

Menurut Guru Besar Teknologi Pertanian ini, para mahasiswa sudah memiliki kompetensi dan keterampilan kewirausahaan. Sehingga, sudah memiliki bekal di semua sektor pekerjaan untuk berkompetensi.

Pada bagian lain pengarahan Rektor UNM, mengajak alumni program sarjana untuk segera melanjutkan ke program magister. Kemudian berlanjut ke program doktor.

“Jika hitungan saya umur rata-rata alumni 21, 22, atau 23 tahun dan lanjut ke S-2 cukup 2 tahun dan dilanjutkan ke S-3 bisa ditempuh 3 atau 4 tahun sehingga usia 25 tahun sudah bergelar doktor,” jelasnya.

Dengan gelar doktor, para alumni lebih mudah memeroleh pekerjaan. Apalagi, dalam masa usia muda.

Kepala BPKP Perwakilan Sulsel, Arman Sahri Harahap, alumni Program Studi Administrasi Publik (S-3) diberi kehormatan mewakili alumni. Ia menyampaikan testimoni pengalaman akademik menjalani pendidikan doktor di tengah kesibukannya yang sangat padat.

Dalam testimoninya, Arman Sahri Harahap, menyanjung proses akademik di UNM. Meski bertindak sebagai pejabat publik, bukan berarti memeroleh kemudahan dalam proses akademik perkuliahan. Iacsalut kepada Pak Rektor selaku promotor atas kesediaan melakukan diskusi hebat dalam proses pembimbingan.

Arman juga sepakat dengan visi UNM untuk mencetak para alumninya menjadi wirausaha. Sebab, persaingan menjadi ASN sangat ketat, sementara menjadi pengusaha sangat terbuka lebar.

“Saya bangga menjadi UNM. Saya betul menjalani proses akademik di UNM sesuai standar doktor via riset karena memenuhi syarat sebagai calon mahasiswa yang telah menjadi praktisi keilmuan bidang administrasi publik,” kata Arman.

Dalam acara wisuda, hadir pula Ketua Umum DPP IKA UNM, Andi Muhammad Nurdin Khalid. Ketua Umum IKA UNM senantiasa bersama dalam setiap momentun yang dilaksanakan UNM sebagai wujud partisipasi dalam membesarkan panji-panji almamater.

Nurdin Khalid yang juga selaku fungsionaris DPP Golkar dalam sambutannya, mengemukakan fenomena kapitalis global dan perubahan iklim telah mengancam dunia dan Indonesia. Karena Indonesia telah menjadi bagian perdagangan global, maka kita mesti siap menghadapinya di tengah perkembangan era Industri 4.0. Ekonomi digital bisa mengatasi semua fenomena kapital global, perubahan iklim, dan revolusi hijau.

Sambil mengutip pernyataan Presiden Jokowi, Putra kelahiran Bone ini menyampaikan pesan Jokowi. Itu bahwa bukan lagi saat berwacana tapi melakukan kerja nyata.

Selaku Ketua Umum Dekopin, menegaskan lembaga yang dipimpinnya untuk berkontribusi dalam fenomena global. Ia akan mencipta para pencipta kerja sehingga mengatasi pengangguran dalam bergiat di perkoperasian.

Sebagai alumni UNM, Nurdin Halid yang biasa disapa NH, mengajak Pak Rektor untuk serius mendukung program wirausaha dan wirakoperasi. Sehingga, tercipta pelaku usaha dan melakukan riset berbasis revolusi hijau.

NH mengajak alumni menjadi pribadi tangguh. Itu dalam mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim.

“Pesan saya agar kita harus bangga sebagai alumni UNM dan jangan pernah berhenti melakukan perubahan. Diakhir sambutan NH Memberikan Bea Siswa kepada Alumni terbaik S1 tuk lanjut Program S2 dan Program S2 lanjut ke Progam Doktor (S3) dengan syarat kuliah di Program Pascasarjana UNM,” tukasnya.

Pelaksanaan Wisuda Lulusan UNM Periode November Tahun 2021 dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Adapun dengan pola blended, yakni luring dan daring.

Wisuda dihadiri ketua senat, para wakil rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Biro, dan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan UNM. Serta para tamu undangan lainnya.(*)


BACA JUGA