Chief Transport Officer Gojek, Raditya Wibowo saat konferensi pers virtual, Jumat (05/11/2021)

Bantu Mitra Hingga UMKM di Tengah Pandemi, Gojek Kucurkan Rp1 Triliun

Sabtu, 06 November 2021 | 18:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Gojek mengucurkan sekitar Rp1 Triliun untuk beragam bantuan untuk mitra pengemudi (driver) dan UMKM di sejumlah layanannya. Termasuk transportasi dan pengantaran makanan di tengah pandemi Covid-19.

Disampaikan Chief Transport Officer Gojek, Raditya Wibowo, pihaknya mengemas bantuan kepada mitra driver dalam bentuk Program Kesejahteraan Mitra Driver. Ada tiga program utama yang dihadirkan.

“Pertama, bantuan kebutuhan pokok yang mencakup uang belanja sembako, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay, serta voucher makanan murah dan sehat untuk keluarga mitra driver,” ungkap Raditya, Jumat (05/11/2021).

Lebih lanjut, kata Raditya, bantuan penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan itu terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, kegiatan operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksinasi, serta fasilitasi vaksinasi. Kemudian disalurkan ke ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota dan kabupaten. Itu melalui penyelenggaraan pos pelayanan vaksinasi melalui kerja sama dengan pemerintah maupun pihak swasta terkait.

Terakhir, Raditya mengungkapkan bantuan pengganti pendapatan bagi mitra driver yang nonaktif sementara saat masa pemulihan dari COVID-19. “Prioritas kami adalah memastikan layanan selalu jalan, serta memperhatikan driver dan customer tetap sehat selama beraktivitas,” tutupnya.

Di sisi lain, Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan untuk layanan pengantaran makanan GoFood, pihaknya memberi berbagai inisiatif bantuan kepada mitra-mitra. Agar driver bisa tetap memperoleh peluang pendapatan dan pelaku UMKM tetap tumbuh usahanya.

Untuk bagi mitra UMKM, disebutkannya, Gojek memiliki berbagai inisiatif untuk membantu. Sehingga, bisnis mereka di ekosistem Gojek tetap bertahan dan tumbuh.

“Kami secara konsisten memberikan subsidi promo bagi mitra UMKM yang tidak hanya bertujuan mendorong daya beli konsumen, tetapi juga menimbulkan efek bola salju sehingga mitra usaha dan mitra driver tetap bisa mendapatkan order,” jelas Catherine.

Selain program subsidi promo, Gojek membekali mitra UMKM dengan membagikan paket protokol kesehatan. Tujuannya, agar konsumen tetap merasa aman dan nyaman memesan GoFood.

Para mitra UMKM antara lain memperoleh beberapa bantuan. Seperti aset digital dan perangkat fisik untuk menunjang protokol kesehatan seperti care kits, safety seal (selotip pengaman), kartu suhu tubuh, cairan pembersih, dan lainnya.

GoFood juga mendistribusikan tas pengantaran kepada para mitra driver untuk membantu menjaga higienitas makanan yang diantarkan. Selain itu, Gojek juga memfasilitasi akses vaksinasi COVID-19 untuk para mitra UMKM di berbagai daerah.

Gojek juga memperkuat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dengan beragam materi edukasi baru. GoFood juga terus tumbuh menjadi layanan pesan-antar makanan andalan masyarakat dengan 1 juta mitra UMKM di seluruh Indonesia.(*)


BACA JUGA