Suasana apel pasukan pengamanan jelang kedatangan Jokowi.

300 Personel Gabungan Siap Amankan Kunjungan Jokowi di Gowa 

Senin, 22 November 2021 | 16:20 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Sebanyak 300 personel gabungan dari TNI-Polri dan instansi terkait disiapkan untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Gowa. 

“Secara keseluruhan personel yang disiapkan ada 300 orang. Mereka akan bertugas mengamankan jalannya kegiatan kunjungan Presiden Joko Widodo,” kata Kasubbag Humas Polres Gowa, AKP M. Tambunan, Senin (22/11/2021). 

Dikatakan Tambunan, khusus personel dari Polres Gowa yang turunkan berjumlah 172 orang. Mereka tergabung dalam personel pengamanan. 

Seluruh personel ini lanjutnya, akan bertugas di lokasi peresmian bendungan Karalloe dan tempat mendarat  helikopter (Helipad) yang akan membawa Presiden RI dan rombongan. 

“Ratusan personel ini akan disiapkan di lokasi penugasan baik dari pengamanan jalur hingga di lokasi acara,” ujarnya. 

Diketahui, personel TNI-Polri melakukan persiapan pengamanan jelang kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Gowa pada Selasa (23/11/2021) besok. 

Persiapan pengamanan diawali dengan apel pasukan yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola, Kelurahan Tolo Kota, Kabupaten Jeneponto, Senin (22/11/2021).

Hadir dalam apel tersebut Danrem 141 Toddopuli Brigjen TNI Jashar Jamil, pejabat utama Polda Sulsel, Kapolres Gowa, dan sejumlah instansi terkait lainnya. 

Brigjen TNI Jashar Jamil yang bertindak sebagai inspektur upacara saat  membacakan amanat dari Pangdam XIV  Hasanuddin menekankan kepada para personel untuk membangun kerjasama. 

Selain itu, komunikasi yang terintegrasi dengan semua unsur dengan harapan setiap hambatan dan kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan tugas di lapangan dapat segera diantisipasi.

“Pangdam menegaskan agar segera menetapkan daerah-daerah yang perlu mendapat pengamanan maksimal dan gelar komunikasi agar rantai komando dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, komunikasi dan sinergitas ini penting. Sehingga pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan sukses tertib aman dan terkendali. 

“Segera ciptakan sinergitas yang solid serta segera lakukan langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi terhadap setiap perkembangan situasi sekecil apapun,” tegasnya. 

Sementara Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffaruddin Pulungan mengajak serta mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat baik di kabupaten Gowa maupun Jeneponto untuk ikut berperan aktif menjaga serta mendukung terciptanya keamanan. 

“Mari kita ciptakan suasana aman agar tetap kondusif selama berjalannya kunjungan ini,” imbuhnya. (*)


BACA JUGA