Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto/Ist

Danny Pomanto: Listrik Padam di Pulau Barrang Caddi karena Konflik Warga

Senin, 22 November 2021 | 14:32 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM- Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengungkapkan alasan dibalik padamnya listrik di Pulau Barrang Caddi, Kepulauan Sangkarrang. Hal itu ditengarai adanya konflik warga setempat.

“Sudah bunyi gensetnya. Jadi sebenarnya listrik di pulau ini bukan persoalan listrik. Persoalan konflik warga dan tidak ada kaitannya dengan Pemerintah Kota,” ungkap Danny, Senin (22/11/2021).

Sebelumnya, kata Danny, Pemkot telah menyerahkan dua genset agar warga pulau Barrang Caddi bisa menikmati listrik. Hanya saja, pengelolaannya bukan dari PLN melainkan ke mereka sendiri.

“Karena Pemerintah Kota sudah memberikan dua genset. Kita berikan semua genset ke semua pulau. Kecuali Barrang Caddi tidak mau dikelola oleh PLN. Waktu dikelola oleh masyarakat, begitu kami berakhir masa jabatan, dikudeta ini orang yang kemarin Camat tunjuk,” tambahnya.

Adapun warga yang ditunjuk sebagai pengelola, dinilai Danny, malah tidak memperhatikan kondisi genset. Imbasnya, insfratruktur pemasok listrik itu sudah rusak.

“Dikelola lah oleh orang yang tidak profesional, cuman terima saja dananya. Dia tidak maintenance. Main sambung langsung lah orang. Rusak lah gensetnya. Apa urusannya dengan Pemerintah Kota,” ucap Danny.

Saat ini, Danny memastikan pasokan listrik di Pulau Barrang Caddi sudah aman. Pihaknya telah menyiapkan genset baru bagi warga setempat.

“Alhamdulillah kemarin saya bilang kau kau demo untuk bagaimana Pemerintah Kota bisa bantu pasti dibantu. Tapi kalau salahkan Pemerintah Kota, salah alamat ko barangkali. Kau tidak salahkan itu yang kasih rusak itu genset,” ujarnya.

“Anak-anak muda di pulau itu datang semua disini (kediamannya). Dan saya kirim besok pagi tim. Kemarin sudah bunyi. Kalau dia sambung langsung lagi, rusak itu. Dan saya sudah siapkan satu genset baru juga. Biar genset baru rusak tong ini barang,” tukasnya. (*)


BACA JUGA