Media gathering Jenius membahas Co.Creation Week 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (25/11/2021)/Ist

Gelar Co.Creation Week 2021, Jenius Dorong Masyarakat Makin Digital Savvy

Kamis, 25 November 2021 | 18:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Jenius dari Bank BTPN, yang dikembangkan melalui proses kokreasi dan kolaborasi sejak awal, terus bertumbuh bersama masyarakat digital savvy hingga memasuki tahun kelima. Semangat itu juga diwujudkan dalam acara tahunan yang kembali diselenggarakan oleh Jenius, yaitu Jenius Co.Creation Week 2021 pada 6 sampai 10 Desember 2021.

Dengan mengusung tema ‘Re.Creation’ tahun ini, Jenius ingin mengajak masyarakat digital savvy Indonesia berekreasi menikmati beragam acara dan konten inspiratif yang dapat menjadi penyegaran dari rutinitas sehari-hari. Jenius juga menghadirkan pembicara dan diskusi yang dapat menjadi inspirasi bagi peserta untuk membentuk dan menata kembali kehidupan atau re-kreasi setelah pandemi ini.

Ada beberapa rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2021. Diantaranya, kompetisi, workshop, conference, dan talks dengan tiga pilar yaitu Technology, Life, dan Finance.

Hal itu disampaikan Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Waasi B. Sumintardja. Ia pun menjelaskan acara kokreasi yang diselenggarakan oleh Jenius tahun ini.

“Sudah hampir dua tahun pandemi, nyaris pula pergerakan kita dibatasi. Kami menyadari dengan berbagai respons atas keterbatasan ini, ada satu hal yang menyatukan kita, yaitu kejenuhan. Olehnya, kami berharap Jenius Co.Creation Week 2021 dapat membantu masyarakat digital savvy untuk rekreasi menyegarkan pikiran, serta menjadi inspirasi dalam membentuk dan menata kembali kehidupan,” jelasnya, Kamis (25/11/2021).

Proses kokreasi dan kolaborasi di Jenius dilakukan melalui berbagai saluran. Hingga Oktober 2021, Jenius telah mendengar lebih dari 1 juta suara dari 35.000 Co.Creator, atau anggota komunitas Jenius Co.Create yang terdaftar di platform cocreate.id.

Selain itu, Jenius juga mendengar masukan dan ide digital savvy melalui lebih dari 600 survei daring, diskusi kelompok terpumpun, wawancara mendalam. Pihaknya melibatkan lebih dari 83.000 anggota masyarakat digital savvy Indonesia.

Jenius Co.Create telah menyelenggarakan 105 acara luring dan 110 acara daring. Kegiatan itu diikuti lebih dari 8.000 anggota masyarakat digital savvy yang tersebar di berbagai kota di Indonesia hingga luar negeri seperti Oslo, Singapura, dan Selandia Baru.

Sebagai salah satu wadah untuk menyampaikan ide, terdapat tiga kompetisi dalam rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2021, yaitu #JeniusAman: Public Service Announcement Video Competition, Jenius Co.Create Website Revamp Competition, dan Jenius App Animated Greetings Competition. Dalam #JeniusAman: Public Service Announcement Video Competition, peserta membuat video iklan layanan masyarakat mengenai edukasi tentang Jenius Aman dan cara menjaga keamanan data pribadi yang bersifat rahasia.

Sementara Jenius Co.Create Website Revamp Competition adalah kompetisi memperbarui tampilan situs Jenius Co.Create, www.cocreate.id, agar tampilannya makin menarik dan interaktif. Lalu, untuk Jenius App Animated Greetings Competition, peserta diminta untuk membuat sapaan dalam bentuk animasi di tampilan baru aplikasi Jenius agar semakin interaktif. Pengumpulan karya untuk kompetisi ini akan dibuka hingga 10 Desember 2021 dan pemenang akan mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah.

Jenius Conference yang diselenggarakan secara virtual pada 6–7 Desember 2021 menghadirkan sederet tokoh inspiratif. Mereka akan berbagi kisah mereka dalam re-kreasi bidang technology, life, and finance dengan suasana rekreasi.

Di pilar Life, tahun ini Jenius mengangkat tema sustainability, karena Jenius menyadari generasi saat ini sudah memahami dampak perubahan iklim yang terjadi dan memiliki keinginan untuk berkontribusi dalam mengatasinya. Pada 6 Desember 2021, Melati Riyanto Wijsen, Founder Youthopia dan Co-founder Bye Bye Plastic Bags, akan berbagi informasi mengenai dampak perubahan iklim sebagai salah satu pemicu stres (eco-anxiety) dalam conference bertajuk Born Activist: Dealing with the Eco-anxious Generation yang akan dipandu oleh Mariska Adeline Sukmajaya, Senior Manager Innovative Finance at Rare. Melati akan mengupas lebih dalam bagaimana cara memulai aksi kecil yang berdampak untuk mengatasi perubahan iklim.

Masih dalam pilar Life, Jenius juga mengadakan live talkshow pada Jenius Talks dengan salah satu pembicara yaitu Gita Wirjawan, seorang wirausahawan, investor, politikus, dan negarawan, dalam sesi bertajuk Proud Indonesian: What is Your Endgame? yang akan diadakan pada 8 Desember 2021. Dengan topik yang diusung tersebut, Gita Wirjawan akan berbagi mengenai perjalanan hidupnya hingga alasan dibentuknya podcast Endgame.

Pada pilar Finance, Jenius menghadirkan virtual conference bersama Irwan S. Tisnabudi selaku Digital Banking Head Bank BTPN, Waasi Sumintardja, selaku Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, dan Wahyu Pratomo, seorang Jenius Co.Creator, yang akan membahas proses kokreasi dan kolaborasi di Jenius, yang akan dipandu oleh Ucita Pohan, Radio Broadcaster & Author.

Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, Jenius Co.Creation Week 2021 juga ingin menyediakan sarana untuk menata kembali kehidupan setelah pandemi melalui Jenius Financial Workshop bersama financial trainer dari QM Finansial. Melalui workshop ini peserta memiliki kesempatan untuk secara one-on-one membahas masalah keuangan, melakukan financial check-up, sampai menemukan strategi keuangan yang tepat serta meningkatkan kemampuan mengelola finansial.

Pada pilar Technology, terdapat Jenius Conference bertajuk Recreating The Art Ecosystem: The NFT Story, Teguh Kurniawan Harmanda, COO Tokocrypto yang akan berbagi informasi mengenai Non-Fungible Token, atau NFT, yang saat ini sedang populer dalam industri kreatif. Acara ini akan dipandu oleh Aria Rajasa, Founder of Karyakarsa.

Selanjutnya, Fajar Jaman, CEO IYKRA & Chief Strategy KORSANTEX, akan berbagi informasi mengenai pentingnya menjaga data pribadi seiring maraknya modus penipuan digital social engineering (rekayasa sosial) dalam The Social Engineering Dilemma of Data Privacy, yang akan dipandu oleh Rahadian Rizki, Lead Data Scientist at Mamikos. Selanjutnya, terdapat conference Recreating the Way We Work dengan narasumber Chrisna Aditya, selaku Chief of Staff & Co-Founder of eFishery, membagikan informasi mengenai penerapan sistem Work From Anywhere, atau WFA, yang kini diterapkan di eFishery, serta bagaimana dampaknya terhadap work & life balance.

“Kami mengajak masyarakat digital savvy di mana pun berada untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2021. Acara virtual ini gratis dan diakses melalui laman www.ccw.cocreate.id. Jenius berharap beragam tokoh dan konten inspiratif di acara ini dapat menjangkau lebih banyak masyarakat digital savvy sebagai wadah untuk bertumbuh dan bergerak maju bersama,” tutup Waasi.(*)