Penggunaan QRIS/Ist

BI Sulsel Genjot Perluas Program Digitalisasi UMKM

Jumat, 26 November 2021 | 13:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebagai salah satu solusi di tengah pandemi Covid-19, program digitalisasi sebagai bentuk transaksi non tunai kian gencar dilakukan. Khususnya untuk para pelaku UMKM di Sulsel.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana menyampaikan bahwa penggunaan sistem pembayaran melalui QRIS kian digandrungi. Trennya pun semakin meningkat.

Tercatat, hingga November 2021, jumlah pelaku usaha yang menggunakan QRIS mencapai 469.569 unit. Angka itu tumbuh hingga 252 persen dan melampaui nasional.

“Itu 82 persen dari merchant merupakan pelaku UMKM,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Causa Iman memastikan bank sentral bakal terus mendorong digitalisasi di daerah. Salah satu caranya, menggencarkan kegiatan sosialisasi.

BI Sulsel bakal berfokus menyasar sektor UMKM seperti warung kopi dan lainnya. Kedepan pengguna merchant QRIS diyakini bakal terus bertambah.

“Kita lakukan pendekatan, itu kan perlu untuk maksimal kan. Didekati dan berikan penjelasan ini dalam waktu dekat kita akan memasang QRIS di salah satu warung kopi tradisional,” ungkap Causa Iman.

Terakhir, Causa Iman memandang peningkatan kegiatan transaksi secara digital pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dunia usaha.

Hal ini akan membuat mulai pulihnya daya beli masyarakat. Sehingga, mempercepat pemulihan ekonomi nasional. (*)

Tags:

BACA JUGA