Toilet SPBU di Sulawesi Gratis, Pertamina: Silahkan Lapor Jika Ada Pungutan

Sabtu, 27 November 2021 | 23:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT. Pertamina Regional Sulawesi memastikan fasilitas umum di area Sentral Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) bisa digunakan oleh masyakarat. Terkhusus untuk toilet.

Toilet di area SPBU wilayah Sulawesi gratis untuk umum. Hal itu juga ditegaskan oleh Senior Supervisor Comm & Relation Pertamina Sulawesi, Taufiq Kurniawan.

Disampaikan Taufiq, toilet yang ada di SPBU sedari dulu sudah gratis. Apalagi ditemukan pungutan, ia meminta agar masyakarat untuk melaporkan kejadian tersebut.

“Sejak dulu gratis, kalau ketemu (bayaran) silahkan laporkan saya,” tegas Taufiq, Sabtu (27/11/2021).

Menteri BUMN Erick Tohir sebelumnya mengatakan, layanan fasilitas toilet seharusnya tidak berbayar alias gratis. Pernyataan itu merespons ramainya pembicaraan masyarakat beberapa waktu terakhir tentang pungutan sebesar Rp2 ribu di toilet SPBU.

Erick dalam video mempertanyakan kepada petugas yang menjaga toilet tersebut, mengapa fasilitas umum harus bayar Rp2 ribu untuk buang air kecil. Kemudian Rp4 ribu untuk buang air besar.

Penjaga toilet tersebut mengaku tidak tahu karena hanya ditugaskan oleh pengelola SPBU yang merupakan pihak swasta. Lantas, Erick pun meminta direksi Pertamina untuk menggratiskan toilet di seluruh jaringan SPBU Pertamina.

“Kepada Direksi Pertamina saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” tutup Erick lewat unggahan videonya.(*)


BACA JUGA