PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melakukan penanaman sebanyak puluhan pohon di area kawasan Centre Point of Indonesia (CPI), Kota Makassar, Minggu (28/11/2021)/Ist

Pertamina Dorong Peningkatan Ekonomi Masyakarat Melalui Penanaman Pohon

Senin, 29 November 2021 | 22:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai wujud partisipasi menyemarakkan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh tiap 28 November, Kementerian BUMN bersama beberapa BUMN melaksanakan seremonial Program Penanaman Pohon secara serentak di 7 Lokasi di Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Danau Toba, Riau, Lampung, Jakarta, Malang, dan Makassar.

Di Makassar, salah satunya yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi. Pihaknya dengan menaruh konsen pada aksi penanaman pohon dalam setiap giat Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

pt-vale-indonesia

General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Agus Dwi Jatmoko mengatakan, aksi menanam pohon sudah sangat sering dilakukan pihaknya. Di mana sejak tahun lalu menyasar area-area produktif dengan memberikan bantuan puluhan ribu bibit pohon.

“Kami ada Dusun Cindakko di Kabupaten Maros yang sudah ditanami 24 ribu pohon mulai dari kopi, rambutan, dan lain-lain. Ini untuk memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat,” ujar Agus dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia bertajuk BUMN Hijaukan Indonesia, Minggu (28/11/2021).

Pada acara tersebut, Pertamina ikut serta melakukan aksi penamanan pohon serentak di 7 wilayah Indonesia. Khusus di Sulsel, dilakukan penanaman sebanyak puluhan pohon di area kawasan Centre Point of Indonesia (CPI), Kota Makassar.

Turut hadir Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada acara tersebut. Ia mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Pertamina dalam mendukung program penghijauan di Sulsel.

Berkat Pertamina, kata Andi, warga di daerah pelosok Maros, bisa memanfaatkan ribuan pohon. Salah satu jenisnya adalah pohon kopi sebagai sumber penghasilan.

“24 ribu (pohon) di Kabupaten Maros itu menjadi tambahan pendapatan untuk masyarakat sekitarnya. Karena bisa dimanfaatkan untuk hasil kopi, madu dan lain-lain,” ucap Andi Sudirman.

Menurut Andi, Pemprov Sulsel memang berkomitmen pada program penghijauan nasional. Sejauh ini, bahkan telah menggalakkan program penanaman ribuan pohon mangrove yang tersebar di sejumlah daerah pesisir di Sulsel.

“Tujuan kami adalah merecovery kembali kehutanan nasional, yang punya banyak manfaat. Aksi nyata itu telah kami lakukan bersama, termasuk teman-teman Pertamina. Kami provinsi sangat berterima kasih,” tuturnya.

Acara ini diketahui dipimpin langsung Menteri BUMN Erik Thohir. Ia berpesan, agar setiap program CSR BUMN bisa menjadi gelombang besar untuk perbaikan lingkungan.

“Ini membuktikan peran nyata kami pemerintah, individu, bahwa kami cinta bumi. Apalagi sudah lama mengeksploitasi bumi kita, kesadaran bersama bergerak melakukan penanaman akan menyelematkan generasi anak dan cucu kita,” tukasnya.(*)