Solidarity Week 2021, Accor Hotels Makassar Beri Edukasi Seputar HIV/AIDS Bagi Siswa SMKN 6 Makassar

Jumat, 10 Desember 2021 | 13:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — HIV/AIDS masih menjadi permasalahan kesehatan di tengah masyarakat. Berdasarkan data Dinkes Sulsel per Desember 2020, terdapat 11.458 ODHA di Sulawesi Selatan. Salah satu usia yang tak luput dari ancamanan penularan penyakit ini ialah usia remaja. Masih kurangnya pengetahun ditambah faktor perilaku, perkembangan emosional, serta perkembangan teknologi informasi yang membuat kaum remaja mudah terpapar dengan informasi atau konten seksual menjadikan mereka berpotensi tinggi terhadap resiko penularan penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS.

Dalam rangka Solidarity Week 2021, hotel – hotel Accor yang berada di Kota Makassar atau disebut juga Accor Hotels Makassar yang terdiri dari Novotel Makassar Grand Shayla, Mercure Makassar Nexa Pettarani, Ibis Styles Makassar Sam Ratulangi, Ibis Makassar City Center, dan Ibis Budget Makassar Airport melaksanakan agenda rutin ini dengan cara menggelar edukasi seputar HIV/AIDS bagi para remaja bertajuk Be Aware, Take Care dengan pokok pembahasan mengenai Resiko Infeksi HIV/AIDS pada Remaja dan Pencegahannya.

Bekerjasama dengan SMKN 6 Makassar, acara digelar pada Kamis, 9 Desember 2021 bertempat di aula mini SMKN 6 Makassar dalam bentuk seminar yang diikuti oleh 50 orang siswa dan siswi. Dikemas dalam suasana yang serius namun santai, para siswa dibekali pengetahuan oleh dr. Risma Wachyuni R. terkait apa itu HIV/AIDS, bagaimana cara penularannya hingga bagaimana cara pencegahannya.

Selain itu, para siswa juga diberikan pemahaman tentang bagaimana cara hidup berdampingan dengan ODHIV (Orang Dengan HIV) tanpa mengucilkan dan memberikan diskriminasi kepada mereka.

Perwakilan Accor Hotels Makassar, Whisnu Wijaya yang juga merupakan General Manager Novotel Makassar mengatakan,’’ tema ini kami angkat mengingat 1 Desember yang lalu kita baru saja memperingati Hari AIDS sedunia. Memiliki rasa tanggung jawab terhadap perkembangan dan pertumbuhan remaja sebagai generasi penerus bangsa kami ingin membekali mereka dengan pengetahuan agar mereka dapat terhindar dari perilaku -perilaku yang beresiko yang dapat mengakibatkan mereka terinfeksi penyakit yang belum ditemukan obatnya ini. Kami harap ilmu yang kami bagikan bisa membantu menyelamatkan 1 generasi , mudah-mudahan adik – adik tumbuh menjadi penerus bangsa yang sehat, peduli, dan bertanggung jawab atas dirinya.”

Turut hadir dalam acara ini Kepala SMKN 6 Makassar – H. Amar Bachti, S.Pd. M.M, GM Ibis Styles Makassar – Wahidin, GM Ibis Makassar – I Gede Pratama Suarmandika, GM Ibis Budget Makassar – Joice Baker , perwakilan GM Mercure Makassar Nexa Pettarani – Ambun Salurante serta maskot masing-masing hotel yang menambah kemeriahan. Beragam hadiah menarik dibagikan sepanjang acara seperti voucher food and beverage serta voucher menginap di 5 hotel – hotel Accor yang ada di Kota Makassar. Tak lupa, acara digelar dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan seperti physical distancing, memakai masker dan memakai hand sanitizer.

Solidarity Week adalah agenda rutin tahunan yang menyatukan Heartists atau seluruh karyawan Accor yang berada di berbagai belahan dunia melalui inisiatif yang memiliki satu tujuan yang sama, yakni untuk menyebarkan pesan kemanusiaan dan solidaritas melalui kegiatan positif yang berdampak bagi komunitas. Solidarity Week juga merupakan bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) Accor yang rutin diselenggarakan setiap bulan Desember. Tahun ini Solidarity Week diadakan mulai dari tanggal 6 hingga 12 Desember oleh jaringan hotel Accor yang tersebar di seluruh dunia.(*)