Tim tanggap darurat atau Emergency Response Group PT Vale Indonesia Tbk membuka layanan kesehatan bagi pengungsi erupsi Gunung Semer di Desa Tambahrejo, Joglosari, Candipuro yang beroperasi sejak 8 Desember/Ist

Vale Indonesia Buka Layanan Kesehatan bagi Pengungsi Erupsi Semeru

Senin, 13 Desember 2021 | 22:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

LUMAJANG, GOSULSEL.COM – Tim tanggap darurat atau Emergency Response Group (ERG) PT Vale Indonesia Tbk telah diterjunkan untuk membantu pengungsi bencana guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Tambahrejo, Joglosari, Candipuro. Pihaknya pun telah membuka layanan kesehatan bagi mereka yang beroperasi sejak 8 Desember.

“Berkoordinasi dengan Tim Gabungan ESDM Siaga Bencana, Tim ERG PT Vale hari ini membuka layanan pemeriksaan kesehatan dan memberikan pengobatan kepada warga yang membutuhkan,” kata kata Koordinator Tim ERG Vale Indonesia, Koesharjanto, Senin (13/12/2021).

“Tercatat 43 pasien yang mayoritas adalah lansia berusia 60 tahun ke atas telah kami berikan pengobatan dengan diagnosis sebagian besar hipertensi, arthritis, myalgia, dan ISPA,” tambahnya.

Selama berada di lokasi bencana, TIM ERG Vale Indonesia terus melakukan pencarian sejak 10 Desember. Kemudian pada 19 Desember akan Kembali ke Sorowako, Luwu Timur.

Guguran awan panas Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 telah mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia, dan ribuan orang mengungsi. Juga kerusakan pada bangunan rumah dan fasilitas umum.

Sebagai bentuk kepedulian atas bencana alam tersebut, Vale Indonesia memberangkatkan Tim Emergency Response Group (ERG). Mereka membantu operasi Search and Rescue (SAR) di lokasi bencana Gunung Semeru, Jawa Timur pada 8 Desember 2021.

Tim beranggotakan 14 orang, terdiri atas kru penyelamatan, dokter, paramedis, dan personel security, bertolak dari Bandar Udara Khusus Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dan membawa perlengkapan SAR serta bantuan awal berupa obat-obatan.

Pada fase tanggap darurat, operasi pencarian dan penyelamatan korban menjadi fokus kegiatan Vale Indonesia juga membuka posko tanggap darurat bencana di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pihaknya bekerja sama dengan BASARNAS, Polri, dan tim gabungan di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Di bawah koordinasi Tim Gabungan ESDM Siaga Bencana, Vale Indonesia berperan aktif dalam mengemban misi kemanusiaan. Berikut dengan mengirimkan tim tanggap darurat ke sejumlah titik bencana di tanah air.

Terakhir, PT Vale Indonesia Tbk hadir membantu korban bencana gempa Mamuju, Sulawesi Barat. Kejadian itu berlangsung pada Januari 2021 lalu.

Kepedulian PT Vale Indonesia Tbk pada situasi bencana tak hanya berlangsung saat fase tanggap darurat. Namun hingga rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, seperti yang dilakukan di lokasi gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, pada 2018. (*)


BACA JUGA