Cakupan Vaksin Baru 52 Persen, Adnan Optimis Akhir Desember Capai Target 70 Persen

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:21 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Pemerintah Kabupaten Gowa optimis mencapai target vaksinasi sebesar 70 persen masyarakat tervaksin di akhir desember mendatang. Hal ini diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan usai menerima Kunjungan Kapolda Sulsel untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal, di SMKN 3 Gowa, Rabu (15/12/2021).

Ia mengungkapkan saat ini capaian vaksinasi Gowa telah mencapai angka 52 persen dimana setiap harinya sebanyak kurang lebih 8000 orang atau satu persen tervaksin yang tersebar di wilayah Kabupaten Gowa.

pt-vale-indonesia

“Saat ini posisi kabupaten Gowa sudah mencapai 52 persen, jika dilihat rata-ratanya, cakupan vaksinasi perharinya diatas 1 persen,” ungkapnya.

Bupati Adnan mengaku jika hal ini konsisten dilakukan, dimana setiap harinya mampu mencapai satu persen masyarakat yang tervaksin, maka 15 hari kedepan akan mencapai 67 hingga 70 persen dengan percepatan-percepatan yang dilakukan.

“Kita optimis mencapai 70 persen di akhir tahun, karena jika tersisa 15 hari kedepan maka akan ada penambahan 15 persen, kalau itu konsisten, pada akhir tahun mencapai 67 persen, nah hitungan itulah nantinya kita akan lakukan peningkatan akselarasi untuk bisa mencapai kekurangan tiga persen agar di akhir tahun bisa sesuai target yang diberikan,” jelas orang nomor satu di Gowa itu.

Olehnya ia berharap vaksinasi yang dilakukan secara masif ini bersama unsur TNI, Polri dan unsur lainnya bisa terus ditingkatkan agar apa yang diinginkan yakni 70 persen masyarakat tervaksin bisa tercapai.

“Sekarang sudah berjalan masif, kita mencapai 8000 setiap harinya karena kerjasama tiga pilar pemerintah, TNI dan kepolisian sehingga kita berharap semangat ini bisa dijaga dan konsisten menjalankan target. Kita optimis akhir tahun bisa mencapai 70 persen,” harapnya.

Sementara Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sujana mengatakan, saat ini capaian vaksinasi Sulawesi Selatan secara keseluruhan mencapai 55,5 persen dan turut optimis bisa mencapai target 70 persen di akhir desember ini.

“Untuk di Sulsel sampai saat ini sudah mecapai 55,5 persen. Artinya memang sesuai target sampai akhir tahun 70 persen sesuai arahan Presiden, jadi kami optimis karena masih ada waktu tersisa selama 15 hari kedepan,” katanya.

Karena itu, Irjen Pol Nana Sujana bersama Gubernur, Pangdam XIV Hasanuddin, sampai ke tingkat bawah, pemerintah kabupaten, camat, desa/kelurahan, babinsa dan babinkamtibmas selama 15 hari ke depan akan memaksimalkan dan terus melakukan vaksinasi secara massif untuk mencapai target 70 persen.

“Kami berharap kepada masyarakat agar mengetahui pentingnya vaksinasi massal ini yaitu selain mencegah penularan Covid-19 juga akan menambah imunitas. Kita sudah melakukan upaya proaktif dan door to door. Jadi kapan saja masyarakat yang mau vaksin bisa,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA