PT Indosat Ooredoo Tbk melakukan optimalisasi dan operasional jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik data pada masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022/Ist

Libur Nataru, Indosat Ooredoo Tambah Kapasitas Jaringan Antisipasi Lonjakan Trafik

Selasa, 21 Desember 2021 | 22:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) melakukan optimalisasi dan operasional jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik data pada masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Indosat Ooredoo memprediksi kenaikan trafik data sebesar 20%-25% dibandingkan hari biasa.

Peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi di wilayah Bodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Memasuki awal periode liburan tersebut, Indosat Ooredoo telah mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 10% secara nasional.

pt-vale-indonesia

Besaran kapasitas jaringan yang disiapkan Indosat Ooredoo adalah 44 PB (Petabyte) per hari. Jumlah tersebut dinilai lebih dari cukup untuk melayani puncak lalu lintas data dengan maraknya platform yang menyuguhkan konten video.

Disampaikan Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha, Indosat Ooredoo siap menemani pelanggan mengisi masa liburan akhir tahun. Adapun dengan jaringan yang andal dan optimal melengkapi beberapa inisiatif digital yang telah diluncurkan.

“Kami berharap masyarakat Indonesia dapat mengisi waktu libur mereka bersama keluarga dan orang terdekat dengan hal-hal positif dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia,” kata Vikram, Selasa (21/12/2021).

Indosat Ooredoo mengaktifkan Command Center fisik terpusat selama perayaan Natal dan Tahun Baru untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan selama 24/7. Command Center ini didukung oleh Network Operation Center berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) serta otomatisasi.

Peralatan dan dasbor khusus telah disiapkan untuk memantau status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Command Center juga melakukan pemantauan proaktif terhadap area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.

Lanjut, Vikram mengatakan, pihaknya akan memastikan jaringan Indosat Ooredoo siap mengantisipasi lonjakan traffic dan pergerakan pengguna. Itu selama masa perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kami juga bakal memastikan tim operasional di lapangan dan Command Center siap memberikan respons yang cepat untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” ucap Vikram.

Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga siap untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan kendala yang dialami dengan mengakses salah satu saluran pelanggan. Diantaranya, Official IM3 WhatsApp (08551000185), aplikasi myIM3, website (www.indosatooredoo.com), Twitter (@IndosatCare), dan email ([email protected]).(*)


BACA JUGA