Cakupan Vaksinasi di Gowa Sudah Capai 56,54 persen

Rabu, 22 Desember 2021 | 22:46 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Sebagai langkah mendorong target cakupan vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen pada akhir Desember 2021 mendatang. Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan upaya preventif, seperti memperluas target sasaran hingga titik vaksinasi.

Dimana hingga saat ini vaksinasi massal pada seluruh kelompok masyarakat terus digenjot di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan sasarannya seluruh pimpinan daerah maupun Forkopimda Kabupaten Gowa turun langsung melakukan pengawasan dan pengecekan data vaksinasi.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan pemantauan dan pengarahan percepatan vaksinasi di Kecamatan Bontonompo, Bajeng dan Pallangga, Rabu (22/12).

Kemudian di waktu yang sama Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni memantau percepatan vaksinasi di wilayah dataran tinggi, seperti di Kecamatan Parangloe dan Parigi. Selajutnya, Penjabat Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsina meninjau di Wilayah Kelurahan Parangbanoa yang berlokasi di Kantor Lurah Parangbanoa, Kecamatan Pallangga.

Bupati Adnan mengatakan, jika melihat pertumbuhan capaian setiap harinya rata-rata 1 persen, dimana saat ini cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa berada diangka 56,54 persen maka diakhir tahun tentunya hanya bisa mencapai 66 persen. Sehingga perlu dilakukan upaya maksimal agar target tersebut dapat terpenuhi.

“Harus ada langkah cepat untuk melakukan percepatan. Misalnya setiap harinya bukan lagi 1 persen tapi minimal 1,5 persen, karena saat ini kita 56,54 persen makanya ini perlu dipercepat, menambah cakupan, target, sasaran untuk mencapai target sebaran di akhir Desember mendatang,” katanya.

Ia berharap seluruh jajaran kecamatan dari bawah mulai RT/RK, Dusun/Lingkungan, Kepala Desa/lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas ikut aktif dalam mendatangkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi agar di akhir Desember Kabupaten Gowa mampu mencapai 70 persen cakupan vaksinasi.

Terpisah, Wabup Gowa Abd. Rauf Malaganni menyebutkan, beberapa titik pelaksanaan vaksinasi yang dikunjungi, antara lain di Kantor Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe dan di Dusun Pattiro, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi.

“Kita harap semua masyarakat dapat membantu pemerintah agar bagaimana cakupan vaksinasi yang kita targetkan terealisasi,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan upaya nyata pemerintah melaksanakan vaksinasi dengan maksimal ini maka target cakupan 70 persen tersebut dapat dicapai.

“Waktu kita sembilan hari lagi menuju akhir Desember. Kita berharap kita bisa maksimalkan dan sesuai target yang telah ditentukan,” katanya.

Sementara, salah seorang warga Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi Tharisa (20) mengatakan, vaksinasi yang dijalaninya merupakan vaksinasi pertama.

“Vaksinasi ini dapat membantu masyarakat dalam membentuk kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit maupun virus,” kata Tharisa. (*)


BACA JUGA