SPBU/Ist

Pertamina Ingatkan Warga Sulsel Tidak Terpengaruh Isu Penghapusan Pertalite

Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah kembali mengemukakan rencana penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) RON 88 alias Premium. Yang selanjutnya bakal diganti beralih dengan RON 90 atau Pertalite.

Setelah itu, pada masa transisi selesai, Pertalite juga bakal dihapus. Dengan begitu, hanya akan ada bensin dengan kadar oktan (Research Octane Number/RON) di atas 91 yang dinilai lebih ramah lingkungan seperti Pertamax.

Menanggapi persoalan itu, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mengimbau warga khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk tetap tenang. Pasalnya, hingga kini belum ada keputusan atau informasi resmi dan hanya sekadar wacana.

Demikian disampaikan Senior Supervisor Comm & Relation Pertamina Sulawesi, Taufiq Kurniawan. Ia bilang, wacana itu dikemukakan mengingat BBM yang ramah lingkungan pun perlu diterapkan.

“Secara korporasi dari pusat sampai Sulawesi itu belum dapat instruksi apapun. Jadi itu hanya wacana yang muncul pada RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara Kementerian ESDM dengan DPR RI,” ujarnya, Sabtu (25/12/2021).

Sejauh ini Pertamina, kata Taufiq, tetap menyediakan bahan bakar Pertalite. Hal itu pun bakal terus dilakukan selagi belum ada instruksi dari pemerintah melalui Kementrian ESDM.

“Dari Pertamina, intinya kami siap menjalankan tugas dari pemerintah, apapun itu. Maupun menyalurkan Pertalite, yah kita salurkan. Begitu dengan memberikan edukasi kepada konsumen. Tapi kami imbau kepada masyakarat tidak usaha dipusingkan BBM akan dihapus dan sebagainya,” tukasnya.(*)