Pengisian BBM di SPBU/Ist

Pertamina: Distribusi BBM dan LPG Aman Selama Tahun Baru di Sulawesi

Senin, 27 Desember 2021 | 19:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –- Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan distribusi serta stok BBM dan LPG dalam keadaan aman menghadapi momen perayaan Tahun Baru. Momen ini telah dilalui beberapa tahun dan Pertamina memastikan sigap menghadapi segala kemungkinan dan senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan yang prima.

Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pertamina Siaga sejak 8 November hingga 10 Januari 2022. Tugasnya, mengantisipasi dan mengamankan distribusi BBM dan LPG di tengah kondisi tingginya curah hujan dan potensi bencana alam yang muncul di Sulawesi serta Tahun Baru.

pt-vale-indonesia

“Menghadapi momen Tahun Baru, Pertamina memastikan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman. Sehingga masyarakat dapat bertransportasi dengan aman dan nyaman tanpa perlu melakukan pembelian secara berlebih karena bahan bakar kami pastikan selalu tersedia,” ujarnya, Senin (27/12/2021).

Laode pun menjelaskan Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi telah mengantisipasi terjadinya peningkatkan konsumsi dan telah memprediksi serta mengkalkulasi proyeksi kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada momen Tahun Baru. Di mana diprediksi terjadi kenaikan untuk konsumsi BBM Gasoline sebesar 5%, Gasoil sebesar 9%, LPG baik PSO dan Non PSO diprediksi naik total sebesar 1,1% serta kenaikan konsumsi Avtur untuk bahan bakar penerbangan sebesar 10%.

Atas proyeksi tersebutlah, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melakukan build up stock sebesar 15% untuk BBM, penambahan 3% pasokan LPG atau total lebih dari 1,6 juta tabung dan 15% untuk Avtur di seluruh Fuel Terminal dan Integrated Terminal. Serta LPG Filling Point yang ada di Sulawesi.

“Pertamina sudah memperhitungkan kenaikan permintaan BBM, terutama kenaikan permintaan di titik-titik rawan kemacetan, kota konsentrasi perayaan natal seperti Manado dan Toraja serta titik-titik jalur wisata utama di Sulawesi,” tambah Laode.

Laode menambahkan selain menyiagakan seluruh lembaga penyalur se-Sulawesi. Pertamina pun memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur tahun baru dengan layanan ekstra menyiagakan 1 unit Mobile Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong dan menyiagakan 22 Motorist melalui layanan Pertamina Delivery Service (PDS) se-Sulawesi.

“Adanya layanan ekstra ini tentunya untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bakar dan menjamin ketersediaan stok yang ada di SPBU. Pertamina akan memberikan pelayanan energi terbaik agar masyarakat bisa dengan aman dan tenang mendapatkan kebutuhan energi dalam merayakan Natal dan Tahun Baru. Jika terjadi bencana di suatu titik kami telah menyiapkan rencana pola supply alternatif,” imbuh Laode.

Bagi pengendara yang membutuhkan informasi tentang lokasi SPBU, lokasi agen atau mengalami kendala diperjalanan, masyarakat bisa menghubungi Pertamina Call Center 135. Untuk memudahkan, masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi My Pertamina.

“Sejalan dengan protokol kesehatan, kami pun menggalakkan transaksi di SPBU secara cashless. Terdapat pula promo menarik yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya pengguna aplikasi My Pertamina. Bahkan pada momen natal tahun baru ini kami memberikan layanan antigen gratis di beberapa SPBU untuk setiap pembelian Pertamax Turbo dan Pertamina Dex,” tukasnya.(*)


BACA JUGA