Diresmikan Mentan RI, Gowa Jadi Daerah Pengembangan Kambing Boerka

Sabtu, 01 Januari 2022 | 20:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan bekerjasama Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia melakukan pengembangan kambing Boerka di Desa Tamannyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Pengembangan Usaha Kambing Boerka ini diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol. Drs. Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi serta jajaran pejabat Kementan RI dan Polda Sulsel, Jumat (31/12/2021) kemarin.

pt-vale-indonesia

Mentan, Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen bersama untuk untuk menjadikan negera dan daerah ini untuk lebih maju dan mandiri di masa yang akan datang dengan sumber daya yang dimiliki.

“Kita hadir disini tiada lain untuk membangun komitmen bahwa besok harus lebih maju dan negara makin mampu mandiri dengan kekuatan dan sumber daya yang dia miliki. Kemudian kita harus memang menghadirkan suatu langkah-langkah yang makin terukur dengan menggunakan akal sehat kita,” kaya Syahrul Yasin Limpo.

Lanjut Syahrul, pengembangan kambing boerka di Kabupaten Gowa ini merupakan yang pertama di Indonesia bagian timur. Olehnya itu, dirinya berharap kedepannya ini bisa lebih dikembangkan lagi, sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

“Saya senang ini hari seperti ini, kita uji coba dulu di sini. Kasih contoh Indonesia dari sini. Kalau ini jadi, semua Kesatuan akan belajar dari sini. Kita bangga juga punya Brimob tempat belajar,” ungkapnya.

Selain itu, mantan Gubernur Sulsel dua periode ini juga berharap kegiatan pengembangan kambing boerka ini bisa melibatkan masyarakat, sehingga dampaknya juga bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Gowa.

Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Drs Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi yang mewakili Kapolda Sulsel menyampaikan terimakasih kepada Menteri Pertanian atas dukungan kepada Brimob Polda Sulsel. Dirinya berharap program ini bisa dilanjutkan di batalyon-batalyon lain yang ada di Sulawesi Selatan,

“Mudah-mudahan proyek percontohan ini bisa diikuti oleh Brimob-Brimob yang ada di Indonesia dan mudah-mudahan dengan proyek strategis ini brimob bisa memberdayakan anggotanya membudidayakan kegiatan terkait pengembangan kambing Indukan,” harapnya.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyambut baik dijadikannya Kabupaten Gowa sebagai pengembangan usaha kambing-domba dalam mendukung ekspor berkelanjutan.

Adnan menyebutkan kambing yang dikembangkan ini merupakan persilangan antara kambing boer dan kambing kacang.

“Kambing Boerka ini yang merupakan hasil persilangan antara kambing boer dan kambing kacang, program ini merupakan kerjasama Kementan dengan Brimob Sulsel dalam pengelolaannya, sehingga ke depan ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” ujarnya.(*)