Dosen Unibos, Jufriadi bersama Mussawir, Rahmawati Rahman dan Rudi Latief serta mahasiswa lakukan program pengembangan desa mitra di Desa Laguruda, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Kamis (20/01/2022)/Ist

Dosen Universitas Bosowa Bantu Kembangkan Industri Berbasis Rumah Desa Mitra

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Jufriadi bersama Mussawir, Rahmawati Rahman dan Rudi Latief serta mahasiswa lakukan program pengembangan desa mitra di Desa Laguruda, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar. Kegiatan ini diperuntukan untuk industri rumah tangga desa mitra yang berlangsung selama dua hari, Kamis (20/01/2022).

Tujuannya, untuk mewujudkan usaha kecil rumah tangga dalam memanfaatkan potensi yg ada di desa yakni rumput laut dan kepiting rajungan hasil nelayan di desa. Dan berdampak pada meningkatkan penghasilan tambahan dengan membentuk 12 mitra desa yg ada di 5 dusun untuk pengembangan home industri khususnya.

pt-vale-indonesia

Target sasaran kegiatan ini yaitu masyarakat pesisir atau nelayan yang ada di desa Laguruda. Beberapa proses dan tahapan kegiatan yang dilakukan termasuk membuat produk kripik rumput laut, kripik kepiting rajungan dan cairan pencuci piring.

ÔÇťAntusias masyarakat sangat besar dalam mengikuti Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang di fasilitas oleh Kemendikbud Ristek dan LPPM Unibos serta pemerintah Desa Laguruda Takalar,” ucap Jufriadi.

Kurniadi selaku Koordinator Mitra Desa Laguruda juga menuturkan beberapa tanggapannya terkait pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi masyakarat untuk berinovasi.

“Kehadiran PPDM di Desa Laguruda dapat memotivasi pemuda dan ibu-ibu dalam membuka usaha rumahan dan memberikan apresiasi yang luar biasa atas kehadiran tim LPPM Unibos di Desa Laguruda,” jelasnya.

“Kami sangat terbantu untuk bisa meningkatkan pendapatan keluarga dan pemahaman tentang mitigasi bencana pada daerah pesisir,” tukasnya.(*)