Foto: Internet

BI Catat Inflasi Sulsel Januari 2022 2,69%, Apa Saja yang Mempengaruhi?

Jumat, 04 Februari 2022 | 23:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pada Januari 2022, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami inflasi sebesar 0,57% mtm. Atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 0,92% mtm.

Secara tahunan inflasi Sulsel tercatat sebesar 2,69% (yoy), tetap berada dalam sasaran inflasi nasional tahun 2022 yaitu 3,0±1%. Inflasi terjadi hampir pada seluruh kelompok pengeluaran kecuali pada kelompok kesehatan; Transportasi dan Informasi; dan Komunikasi dan Jasa Keuangan.

pt-vale-indonesia

Inflasi Januari 2022 utamanya terjadi pada Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau serta Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga. Inflasi Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau tercatat sebesar 1,07% (mtm) yang utamanya dipengaruhi oleh naiknya harga rokok kretek filter, telur ayam ras dan minyak goreng.

“Kelompok Perumahan, Air, Listrik dan Bahan Bakar Rumah Tangga mengalami inflasi sebesar 0,12% (mtm) yang utamanya disebabkan oleh kenaikan harga kontrak rumah dan upah asisten rumah tangga,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana, Jumat (04/02/2022).

Dari 5 kota IHK, kata dia, seluruh kota yakni Bulukumba, Makassar, Palopo, Parepare, dan Watampone mengalami inflasi. Kota Parepare merupakan kota yang mengalami inflasi tertinggi di Sulsel yaitu sebesar 1,18% (mtm).

Dalam upaya pencapaian sasaran inflasi tahun 2022, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota akan terus bersinergi. Itu untuk menjaga stabilitas harga dan pengendalian inflasi

“Kami berfokus pada strategi Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, Keterjangkauan Harga, dan Komunikasi Efektif (4K),” tukasnya.(*)


BACA JUGA