Ilustrasi speed test internet alias uji kecepatan internet.

Koneksi Internet Seluler di Makassar Tercepat se-Indonesia Versi Speedtest

Selasa, 08 Februari 2022 | 16:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Makassar menjadi kota dengan internet mobile atau seluler tercepat di Indonesia. Dan mengungguli DKI Jakarta di posisi kedua dan Bekasi di urutan ketiga.

Laporan tersebut disampaikan Speedtest. Sebuah layanan untuk menguji kecepatan dan performa koneksi internet yang dikembangkan oleh Ookla. Baik seluler maupun Wi-FI.

pt-vale-indonesia

Dalam laporannya, Makassar memiliki kecepatan download 25,3 Mbps dan upload di angka 11,67 Mbps. Sedangkan latensi atau waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal hingga ke tempat tujuan adalah 45 mili per second (ms).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Mahyuddin mengaku pencapaian tersebut tidak lepas dari peran internet provider. Di mana mereka berupaya memberikan layanan internet yang berkualitas

“Jadi ini peran serta dari provider kita di Makassar yang harus meningkat jaringannya dan service atau pelayanannya,” ungkap Mahyuddin, Selasa (07/02/2022).

Apalagi, kata dia, kebutuhan pelanggan terhadap koneksi internet yang cepat juga tinggi. Dengan begitu, provider dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada mereka.

“Karena kita kan ini pintu Indonesia Timur. Jadi pangsa pasarnya kita di Makassar tinggi. Provider juga harus menyiapkan jaringannya yang bagus,” sambungnya.

Sedangkan untuk internet kabel atau fixed broadband tercepat, Makassar berada di urutan ke 10. Sedangkan Jakarta di posisi pertama.

Makassar memiliki kecepatan download 24,63 Mbps dan upload di angka 11,91 Mbps. Sedangkan latensi atau waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal hingga ke tempat tujuan adalah 19 ms. (*)


BACA JUGA