Tingkatkan Pendapatan, Pemkab Gorontalo-Bank Mandiri Kerjasama Penerimaan Pajak Daerah

Jumat, 11 Februari 2022 | 21:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

GORONTALO, GOSULSEL.COM — Bank Mandiri terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan digitalisasi keuangan di Kabupaten Gorontalo. Kali ini hadir dengan solusi yang dikembangkan yaitu penyediaan layanan perbankan dalam rangka penerimaan pembayaran pajak daerah yang terintegrasi langsung antara system bank dan pemerintah.

RCEO Bank Mandiri Region 10 Sulawesi & Maluku, Muhammad Ashidiq Iswara optimis bahwa layanan pembayaran pajak daerah ini akan mendukung kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Begitu juga dengan masyarakat Gorontalo.

“Solusi ini akan meningkatkan penerimaan pajak, memudahkan rekonsiliasi, masyarakat dimudahkan melalui beragam chanel pembayaran yang dapat dimanfaatkan meliputi ATM, Cabang, Livin’ by Mandiri dan juga Agen Bank Mandiri,” kata Ashidiq, Jumat (11/02/2022).

Diungkapkannya, Bank Mandiri juga memiliki produk dan layanan lengkap. Baik yang bersifat individual, perusahaan maupun terkait pemerintahan.

“Kami menunggu kerja sama lebih lanjut untuk meningkatkan peran Bank Mandiri, utamanya di Kabupaten Gorontalo menuju Gorontalo Gemilang, mandiri, menuju masyarakat madani,” tambah Ashidiq Iswara.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyambut baik kerjasama dengan Bank Mandiri. Di mana sejalan dengan 5 program Pemkab Gorontalo yaitu: keungan, infrastruktur, SDM, sistem dan lingkungan.

“Peningkatkan PAD menuju kemandirian Daerah dapat dilakukan dengan tiga hal, pertama ekstensifikasi pendapatan yang dilakukan dengan pengelolaan sumber penerimaan Baru serta penjaringan wajib pajak (wp)/wajib retribusi baru, kedua intensifikasi pendapatan melalui optimalisasi penerimaan sesuai potensi daerah dan yang ketiga penguatan kelembagaan,” jelasnya.

Lebih jauh, kata dia, hal itu juga menjadi harapan bersama, kerjasama penyediaan layanan perbankan dalam rangka elektronifikasi transaksi pemerintah Kabupaten Gorontalo, dan juga solusi keuangan dari Bank Mandiri lainnya. Dan akan semakin meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Dan pada akhirnya akan membawa pertumbuhan bagi pendapatan daerah, khususnya Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Gorontalo,” tukasnya.(*)


BACA JUGA