Perdoski Makassar: Hapus Stigma dan Diskriminasi Kusta

Senin, 14 Februari 2022 | 16:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Departemen Dermatology dan Venereology Fakultas Kedokteran Unhas serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Makassar melaksanakan 3 rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Kusta Sedunia 2022 yang jatuh pada tanggal 30 Januari 2022.

Acara pertama adalah edukasi dan penyuluhan di seluruh puskesmas yang ada di Kota Makassar mulai tanggal 7 Februari 2022 sampai tanggal 16 Februari 2022.

pt-vale-indonesia

“Penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pasien kusta,” ujar Ketua Departemen Ketua Departemen Dermatology dan Venereology FK Unhas DR.Dr. Siswanto Wahab, SpKK(K), FINSDV, FAADV.

Penyuluhan dilaksanakan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin yang ada di Kota Makassar. Dilanjutkan dengan acara anjangsana ke Kompleks Kusta Jongaya Kota Makassar di Jl Dangko.

“Ada penyuluhan tentang bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan serta vaksinasi terhadap warga kompleks kusta yang alhamdulillah berlangsung dari pagi hari sampai siang hari. Warga kompleks kusta sangat antusias mengikuti vaksinasi karena mereka ada juga yang tidak ingin ke tempat pelayanan kesehatan sehingga kami dari dokter spesialis kulit kelamin yang dalam hal ini bekerja sama dengan Polrestabes Makassar menjemput bola dengan datang langsung ke kompleks kusta ini,” papar Ketua PERDOSKI PC Makassar dalam hal ini menaungi daerah Sulawesi Selatan dan Barat, Gorontalo, Kendari dan Ambon, Dr.dr. Muji Iswanty, SH, MH, SpKK, M.Kes, C.Med.

Rangkaian acara hari kusta sedunia ditutup dengan pelaksanaan webinar yang membahas bagaimana penyakit kusta dan terapi apa saja yang bisa diberikan serta bagaimana kita menghadapi pasien kusta di masyarakat. Acara ini dibuka oleh Ketua Departemen DERMATOLOGY dan venereology FK UNhas DR.Dr. Siswanto Wahab,SpKK(K),FINSDV,FAADV.

Pembicara yang hadir Dr. Widyawati Djamaluddin,SpKK,FINSDV, Dr. St Nur rahma, SpKK, Dr.Idrianti Idrus ,SpKK, M.Kes, dan Dr.dr. Muji Iswanty, SH, MH, SpKK, M.Kes, C.Med, serta Dr Fadlina Zainuddin, SpKK,M.Kes.

“Alhamdulillah pendaftar sampai H-1 sejumlah 960 orang dan semoga acara ini bermanfaat,” jelas Ketua Panitia Dr Andi Nurhaerani Zainuddin Maskur, SpDV.

Lanjut Dokter Muji yang juga Ketua HIC FK UMI, “alhamdulillah seluruh rangkaian berjalan lancar, didukung Dokter Ali Marikar Polrestabes Makassar yang banyak memberi support dalam kegiatan ini. Masih banyak pasien kusta yang sembuh belum bisa mendapat tempat di masyarakat. Saatnya stop stigma dan diskriminasi pasien kusta apalagi di tengah pandemik Covid-19 harus saling merangkul bekerja sama untuk Indonesia sehat,” pungkas.(*)