Sebanyak 3.227 mahasiswa mengikuti wisuda program PPG di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi UNM, Selasa (16/02/2022)/Ist

Husain Syam: UNM Masih Jadi Penyelenggaraan PPG Terbaik di Indonesia

Selasa, 15 Februari 2022 | 21:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 3.227 mahasiswa mengikuti wisuda program Pendidikan Profesi Guru (PPG), yang terdiri dari 3.032 orang Guru Kemdikbudristek dan 195 orang Guru Kemenag. Bertempat di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi UNM, Selasa (16/02/2022).

Dengan begitu, para wisudawan PPG yang sudah di sumpah berhak menyandang gelar Guru Profesional (Gr). Wisuda Profesi Guru pada Program Profesi Guru UNM tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan secara blended, daring dan luring.

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan pengukuhan PPG periode ini merupakan presentase kelulusan terbesar 82.73%. Itu jika dilihat dalam skala nasional.

“Presentase wisuda kali ini diatas angka rata-rata nasional yang hanya 64 persen, ini luar biasa karena dilakukan secara blu daring. Ini juga bagian dari karena UNM sudah siap infrastruktur teknologi dan IT dalam memberikan pembelajaran,” ujar Husain.

Di tahun 2022 ini, kata Husain, UNM telah mempersiapkan para calon alumni PPG. Dan mereka bisa menghadirkan generasi yang mampu menghasilkan kualitas SDM unggul dan maju.

“Di 2022 ini kita sementara mempersiapkan guru profesional, dengan harapan guru yang berada di semua level pendidikan adalah guru yang memang merupakan garda terdepan bangsa dan dijaminkan meningkatkan kualitas belajar sehingga menghasilkan SDM unggul dan maju,” terang Mantan Dekan FT UNM dua periode ini.

Tidak hanya itu, Guru Besar Teknologi Pertanian ini juga menyampaikan bahwa UNM saat ini masih menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Itu dalam penyelenggaraan PPG diantara 61 penyelenggara lain.

“Saya perlu sampaikan bahwa UNM masih yang terbaik dari 61 penyelenggaraan PPG di Indonesia. Apa yang dicapai hari ini adalah perjuangan yang luar biasa, karena kita telah mempersiapkan alumni PPG yang mampu menjadi andalan bangsa,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek RI, Temu Ismail mengikuti prosesi wisuda PPG secara daring. Ia puncmenyampaikan Yudisium dan wisuda ini merupakan titik awal proses kehidupan dalam berprofesi guru.

“Kita berharap para wisudawan PPG tahun ini menjadikan masa depan untuk mengamalkan ilmu dan lebih bertanggung jawab, berkompeten dan memiliki kualitas yang mumpuni,” ungkap Temu Ismail.

Ia juga berharap Yudisium dan wisuda hari ini menjadi pencetus dan mendedikasikan diri secara tulus dan ikhlas dalam menerapkan ilmu yang pendalaman materinya. Itu untuk dibawah ke masyarakat dan menjadi bekal awal dalam menghadapi tantangan.

Ada beberapa wisudawan terbaik pada Program Pendidikan Profesi Guru tahun akademik 2021/2022. Diantaranya, Yusran (IPK 3.97), Jamal (IPK 3.94), Varina Violeta.(*)