Adnan Akui Tidak Mudah Jalani Pemerintahan di Tengah Gelombang Covid

Senin, 28 Februari 2022 | 23:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintahan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni memasuki satu tahun di periode kedua.

Adnan mengaku, diperiode ini terhitung sejak periode pertama telah memimpin Gowa selama enam tahun masih banyak kekurangan namun terjadi perbaikan di beberapa sektor.

Terlebih ditengah pandemi Covid-19 ini dimana kemampuan daerah mengalami penurunan jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

“Situasi pandemi ini memang tidak mudah, karena di satu sisi harapan dan ekspektasi masyarakat cukup tinggi sementara kemampuan pemerintah semakin berkurang sehingga tidak mudah menjalani pemerintahan di tengah pandemi ini,” ujar Adnan saat menggelar dzikir dan doa bersama memperingati setahun kepemimpinannya.

Oleh karena itu untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Gowa ditengah pandemi ini dirinya berfokus pada sektor pariwisata.

Sebab menurutnya, hanya pada sektor inilah seluruh penghasilan pajak 100 persen akan masuk di Kabupaten Gowa.

“Kita fokus pada pariwisata karena jika ingin menaikkan PAD ditengah pandemi ini adalah ada pada sektor pariwisata, pertanian dan peternakan karena setiap keuntungan di sektor ini langsung diterima oleh Pemkab Gowa. Seperti pajak hiburan, resto, rumah makan dan hotel itu penghasilan pajaknya masuk dalam PAD kita,” jelas Adnan.

Selain itu, pada tahun ini juga terdapat beberapa proyek pembangunan yang akan diresmikan seperti Lapangan Syekh Yusuf dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Stadion Kalegowa, Balla Lompoa, Rumah Tahfidz dan kegiatan lainnya termasuk pengembangan sapi perah dimana 200 ekor tiba tahun ini dan memberikan nilai tambah di Kecamatan Tombolo Pao.

Sementara program yang akan berjalan yakni pembangunan Mall Pelayanan Publik di atas lahan 8.000 meter akan dimulai dengan anggaran sebesar Rp25 miliar.(*)


BACA JUGA