Kadisdik Gowa Buka Pelatihan Desain Pembelajaran di SMPN 1 Sungguminasa

Senin, 28 Februari 2022 | 22:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebagai bentuk kontribusi terhadap pengembangan kompetensi guru, Komunitas Guru Penggerak (KGP) Kabupaten Gowa menggelar pelatihan Desain Pembelajaran Berpihak pada Murid, bertempat di gedung aula SMPN 1 Sungguminasa, Gowa, Senin (28/02/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh guru TK, SD, SMP, SMA sederajat di lingkup Kabupaten Gowa.

Dengan mengangkat tema ‘Pengimbasan Materi Guru Penggerak Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Menuju Gowa Kabupaten Pendidikan,’ peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Tercatat lebih dari 200 peserta yang mendaftar secara online, namun panitia pelaksana membatasi hanya 100 peserta yang mendapat surat panggilan di tahap pertama ini.

pt-vale-indonesia

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Gowa, Rieke Susanti hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara dengan resmi. Hadir pula Kepala Bidang Pembinaan SMP sekaligus Dewan Pengarah Guru Penggerak Kab. Gowa, Muh. Rivan Maulana; Ulfa Tenri Batari selaku Kepala Bidang Pembinaan SD sekaligus Dewan Pengarah Guru Penggerak Kab. Gowa; serta Koordinator Pengawas Pendidikan Kab. Gowa, Syahruddin MS Idris.

Dalam sambutannya, Rieke Susanti menyampaikan, “Setiap hari, bahkan di hari libur tidak ada libur bagi dinas pendidikan. Kita terus berpacu dengan waktu dalam dua tahun terakhir karena kasus covid. Untuk itu semua sekolah harus tetap menjaga prokes agar tidak perlu menutup PTM,” ungkapnya.

Ia menambahkan, “Guru adalah penggerak roda pendidikan Kabupaten Gowa. Alhamdulillah kabupaten kita termasuk banyak yang lulus Guru Penggerak. Di masa yang akan datang, Guru Penggerak inilah yang akan menjadi kepala sekolah, membagi ilmu kepada guru lain untuk mengajar peserta didik mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.”

Para peserta berharap kegiatan serupa dapat terus diadakan oleh Guru Penggerak mengingat pentingnya ilmu-ilmu baru untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin berkembang. Dengan kegiatan seperti ini, para guru mendapatkan banyak inspirasi yang bisa diterapkan di sekolah masing-masing.(*)


BACA JUGA