Mentan SYL Berikan Pembekalan Khusus untuk 745 Calon ASN Kementan

Selasa, 01 Maret 2022 | 23:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan kegiatan Orientasi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN), sekaligus penyerahan Keputusan Pengangkatan Calon ASN. Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memberikan pembekalan khusus bagi 745 Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pertanian.

Pada pembekalan ini, SYL menekankan pentingnya peran Calon ASN Kementan bagi masyarakat.

pt-vale-indonesia

“Orang lain bisa lebih kaya dari kita semua. Tapi ingat, kalau pertanian punya peran penting bagi masyarakat. Itu adalah kebahagiaan buat kamu. Kamu menjadi ASN berarti itu adalah pilihan Tuhan. Diandalkan bangsa dan rakyat. Surga ada di tanganmu,” ungkap SYL, di Kantor Pusat Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, pada Selasa (1/3/2022).

SYL pun memberikan sejumlah wejangan kepada para Calon ASN Kementan. Pertama, Calon ASN diminta untuk bisa memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) unit kerjanya.

“Pekerjaan rumah bagi Calon ASN yang hadir di sini adalah untuk mencari tahu tupoksi unit kerjanya. Dari situ, kita bisa mulai merancang langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mendukung tupoksi itu,” sebutnya.

Langkah berikutnya, SYL mendorong Calon ASN untuk menentukan target dari pekerjaannya.

“Temukan harapan pimpinan terhadap sumbangsih kita pada organisasi. Dari situ, kita bisa menentukan target pekerjaan kita,” jelas SYL.

Menteri asal Sulawesi Selatan itu juga meminta Calon ASN untuk memiliki inisiatif tinggi dalam bekerja. Salah satu bentuk inisiatif tersebut berupa kemampuan untuk memimpin diri sendiri.

“Jangan menunggu dipimpin orang lain. Tapi pimpinlah dirimu sendiri, taat pada pimpinan sesuai aturan,” tegas SYL.

Hal lain yang diharapkan SYL dari para Calon ASN adalah kemampuan diri dalam belajar, serta memilah hal yang harus dipelajari dan tidak.

“Belajar dari kehidupanmu. Gunakanlah linkmu untuk membangun jaringan. Belajar yang baik. Jangan belajar dari orang korupsi, jangan belajar dari orang yang makan honor tanpa kerja,” cetusnya.

Kegiatan Orientasi Calon ASN diselenggarakan secara hybrid. Sebagian kecil Calon ASN yang ditempatkan di pusat hadir di kantor pusat. Sementara sebagian besar mengikuti melalui aplikasi zoom dari tempat penugasan masing-masing.

Berdasarkan laporan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono yang dibacakan oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Zulkifl, jumlah Calon ASN 2022 mencapai 745 dengan rincian penempatan 31 orang di Sekretariat Jenderal, 18 orang di Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian, 14 orang di Ditjen Perkebunan, 233 orang di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 62 orang di Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, serta 12 orang di Badan Ketahanan Pangan.

“Semua adalah peserta terbaik yang lulus seleksi menjadi ASN Kementan. Sebelum menempati, Kami akan berikan pembekalan dan orientasi sehingga setiap Calon ASN bisa beradaptasi,” ungkap Zulkifli.(*)