Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid/Int

DPRD Makassar Soroti Hasil Seleksi Laskar Pelangi

Senin, 07 Maret 2022 | 12:24 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid, menyoroti hasil seleksi Laskar Pelangi yang telah diumumkan Pemkot Makassar melalui BKPSDM.

Dari 14.800 jumlah peserta–12.800 pegawai lama, dan 2.000 peserta pelamar baru–
yang ikut seleksi Laskar Pelangi, 12.000 peserta dinyatakan lulus. Artinya, ada ribuan yang tersingkir.

Hamzah Hamid menilai kebanyakan calon Laskar Pelangi yang tidak lolos merupakan dari tenaga kontrak yang sudah bertahun-tahun mengabdi di masing-masing instansi.

Seharusnya, kata dia, seleksi punya nilai tambahan kepada tenaga kontrak lama atau yang berprestasi. Sama halnya dalam seleksi penerimaan PPPK.

“Seharusnya seperti penerimaan PPPK secara nasional, selain nilai ujiannya bisa terdongkrak nilainya melalui poin masa kerja. Kemudian juga harus ada penilaian dari SKPD terkait,” kata Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Makassar ini, kemarin.

Hamza menyayangkan hasil seleksi Laskar Pelangi yang mestinya syarat kelulusan bukan hanya dilihat dari nilai ujian.

“Mestinya kan harus ada nilai tambah terutama yang sudah bertahun-tahun bekerja, tetapi mereka tidak punya nilai tambahan dari SKPD masing-masing, kemudian nilai tambah juga dari masa kerja, karena ada sudah 17 tahun bekerja dan termasuk tenaga kontrak yang berprestasi juga tidak lulus,” bebernya.

Hamzah berharap, BKPSDM Kota Makassar melakukan koordinasi dengan semua SKPD, terkait hasil seleksi laskar pelangi dan menjelaskan mekanisme penilaian kelulusan.

Komisi A DPRD Kota Makassar, kata dia, dalam waktu dekat ini akan memanggil Kepala BKPSDM untuk dilakukan RDP terkait banyaknya laporan soal polemik hasil seleksi Laskar Pelangi. “Insyaallah kita agendakan hari Rabu (9/3/2022),” ucapnya. (*)


BACA JUGA