Lurah Sudiang, Ricky Andhika Karumpa/Ist

Makassar Menuju Kota Metaverse, Kelurahan Sudiang Segera Luncurkan Aplikasi ‘Appakabaji’

Kamis, 17 Maret 2022 | 15:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya akan meluncurkan aplikasi baru. Namanya, Aplikasi Pelayanan Publik Terpadu Kelurahan Sudiang Berbasis Jejaring atau disingkat Appakabaji.

Aplikasi tersebut nantinya lebih memudahkan masyakarat Kelurahan Sudiang dalam pengurusan berbagai administrasi. Cukup mengakses aplikasi dari mana saja tanpa harus ke kantor Lurah.

pt-vale-indonesia

“Seperti surat-surat keterangan dari kelurahan itu tidak usah ke kantor. Jadi mengurangi juga interaksi langsung antara masyarakat dan staf di tengah pandemi,” ujar Lurah Sudiang, Ricky Andhika Karumpa, Kamis (17/03/2022).

Sebagai aplikasi terpadu, dijelaskan Ricky–sapaan akrabnya, berbagai fitur juga disematkan. Selain mengakses pengurusan berkas, masyakarat Sudiang juga bisa menyampaikan aduannya terkait masalah apapun.

“Jadi aplikasi ini akan menjadi andalan di Kelurahan Sudiang. Semua yang dibutuhkan warga akan saya tampilkan. Ada informasi, berita, pengaduan, dan ada juga Customer Service,” katanya.

Disampaikan Ricky, aplikasi ini sangat mudah diakses. Melalui halaman utama, masyakarat sudah diarahkan untuk mencari kebutuhannya. Dan untuk pengurusan administrasi, semuanya lengkap.

“Semuanya ada dan nanti kalau sudah selesai tinggal ke kantor untuk ambil. Kita sudah sediakan loket untuk pengambilan dan cepatji diambil tidak sampai dua menit,” sambung Ricky.

Ide pembuatan aplikasi ini, Ricky mengaku terpikirkan sejak dilantik sebagai Lurah Sudiang pada akhir tahun 2021 lalu. Ia ingin mendorong digitalisasi pelayanan bisa dihadirkan melalui aplikasi Appakabaji.

Ia pun menegaskan bahwa aplikasi tersebut akan dikembalikan. Apalagi saat ini, Pemkot telah mengusung program Makassar Menuju Kota Metaverse, yang mana nantinya semua pelayanan serba digital.

“Insya Allah nanti saya akan hubungkan dengan program Pemerintah Kota yaitu Metaverse jadi kami di Kelurahan sudah ancang-ancang masuk di ranah itu,” ucapnya.

“Kalau lancar, kami akan menyediakan VR Glassess atau kacamata virtual reality, jadi disitu warga akan melihat masuk ke dunia virtual, bagaimana mengurus surat A dan B,” tukas Ricky. (*)


BACA JUGA