ASN Pemkab Sinjai berupaya mengikuti pelaksanaan vaksinasi booster oleh Binda Sulsel di Gedung Pertemuan, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (22/03/2022)/Ist

Kolaborasi Binda Sulsel-Pemkab Sinjai, Gelar Vaksinasi Booster untuk ASN-Non ASN

Selasa, 22 Maret 2022 | 22:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

SINJAI, GOSULSEL.COM — Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai berupaya terlindungi dari Covid-19. Mereka pun mulai kebagian jatah vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Berdasarkan pantauan, para ASN nampak begitu antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi tersebut. Kegiatan itu berlangsung di Gedung Pertemuan, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (22/03/2022).

pt-vale-indonesia

Kordinator Wilayah Sinjai, Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) Sulsel, Hamriadi mengatakan bahwa pihaknya ingin memenuhi kebutuhan vaksin para ASN. Untuk itu, kerjasama bersama Pemkab Sinjai dilakukan dengan melanjutkan vaksin booster.

“Kita tahu bahwa penularan varian Omicron ini lebih cepat dalam waktu yang singkat. Jadi akan lebih efektif jika vaksinasi booster dilaksanakan,” ujarnya.

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksin Covid-19 guna meningkatkan imunitas diri para pegawai yang setiap saat melaksanakan pelayanan publik di tengah masyarakat. Meski telah divaksin, tetap menekankan bahwa protokol kesehatan harus tetap dilakukan secara displin.

Juga mengimbau masyarakat agar tidak takut melakukan vaksin booster Covid-19. Vaksinasi itu bisa dijumpai di berbagai fasilitas kesehatan yang ada di sekitarnya.

“Kesehatan kita diperiksa terlebih dahulu sebelum divaksin. Jadi jangan ada kekhawatiran atau rasa takut untuk divaksin, agar tubuh kita siap menangkal Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, sangat mengapresiasi atas vaksin yang dilaksanakan oleh Binda Sulsel serentak terhadap Pemkab Sinjai. Ia menilai program tersebut sudah seharusnya berjalan.

“Alhamdulillah telah dilakukan vaksinasi booster dimana hal ini adalah suatu yang sangat baik untuk kesehatan masyarakat dan sekali lagi terima kasih kepada Binda Sulsel telah melakukan vaksinasi booster dan bekerjasama dengan Pemkab Sinjai. Dan inilah menjadi langkah untuk menjadi contoh seluruh masyarakat Sinjai,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengatakan, vaksin booster tersebut diberikan bagi sasaran yang telah mendapatkan vaksinasi primer lengkap standar. Yaitu dua kali vaksin.

“Hari ini kita buka pelayanan vaksinasi ketiga booster bekerjasama dengan Badan Intelejen Negara (BIN) wilayah Sulawesi Selatan, harapannya semua ASN yang sudah memenuhi syarat untuk vaksin ketiga kita harapkan datang untuk melakukan vaksin hari ini,” ujarnya.

Meski tidak menargetkan jumlah sasaran, tetapi pihaknya berharap 80 persen ASN yang ada di lingkup Pemkab Sinjai dapat mengikuti vaksin hari ini. Terkhusus bagi mereka yang telah memenuhi syarat.

“Kita siapkan sejumlah ASN yang ada di Sinjai, tetapi tetap akan dievaluasi, kita lihat bahwa hari ini kira-kira berapa persen ASN yang datang. Kalau masih kurang maka akan dicarikan waktu luang lagi untuk pelaksanaannya,” kata dr. Emmy.

Sementara itu Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengaku tetap sehat setelah mendapatkan suntikan vaksinasi dosis ketiga itu. “Alhamdulillah salah satu kewajiban dapat kita tunaikan dengan baik. Hari ini kita berterima kasih kepada Dinas Kesehatan maupun BIN wilayah Sulsel yang telah menyediakan fasilitas vaksin dosis lanjutan,” katanya.

Karena itu, Budiaman juga berharap kepada seluruh ASN dan sasaran vaksinasi pada umumnya dapat memanfaatkan fasilitas layanan yang telah disiapkan. “Kita berharap dengan vaksin lengkap dosis 1, 2 dan 3 ini dapat memutus mata rantai penularan covid sehingga harapan itu pandemi ke endemi dapat segera terwujud,” pungkasnya.(*)