Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo saat ditemui di ruangannya, Senin (8/2/2021)

AKD DPRD Makassar 2019-2024 Berubah

Rabu, 30 Maret 2022 | 11:32 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Kota Makassar periode 2019-2024 berubah. Reposisi susunan pimpinan dan anggota AKD DPRD Makassar ditetapkan dalam rapat paripurna masa persidangan kedua tahun 2021/2022.

Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo mengatakan, reposisi komposisi AKD ini sudah melalui berbagai keputusan tingkatan rapat. Baik di tingkat fraksi, komisi, hingga resmi ditetapkan dalam rapat paripurna.

pt-vale-indonesia

“Jadi sudah ada kesepakatan dua setengah tahun pertama, dengan tahun kedua. Ini tahun kedua,” ucap Rudi usai rapat paripurna di gedung DPRD Kota Makassar, Rabu (30/3/2022).

Dia melanjutkan, perubahan susunan pimpinan dan keanggotaan AKD DPRD Makassar sudah menjadi komitmen kelembagaan. Penetapannya melalui pembahasan bersama sembilan fraksi.

“Yang pasti ini komitmen kelembagaan yang sudah dilakukan musyawarah mufakat. Jadi tidak ada istilah semisal kita pemilihan atau apa. Karena kita lakukan dengan musyawarah mufakat,” tegas dia.

Rudi berharap komposisi pimpinan dan anggota kelengkapan DPRD Kota Makassar yang baru bisa meningkatkan tugas legislasi. Dalam hal ini menjalankan fungsi pengawasan penganggaran dan jalannya regulasi hukum oleh eksekutif.

“Utamanya mendorong peningkatan kinerja kedewanan kita. Terkait tiga fungsi (di antaranya) fungsi pengawasan, pembentukan perda, dan budgeting-nya,” jelas Rudi.

Diketahui susunan pimpinan anggota komisi serta pengelompokan komisi-komisi DPRD Kota Makassar 2022-2024 ditetapkan melalui surat keputusan nomor: 3/DPRD/2022 yang diteken Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo pada 30 Maret 2022.(*)


BACA JUGA