Setara Institute: Makassar Masuk 10 Besar Kota Paling Intoleran

Jumat, 01 April 2022 | 16:23 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lembaga Setara Institute merilis daftar kota paling toleran dan intoleran di Indonesia tahun 2021. Kota Maksssar, Sulawesi Selatan pun tercatat masuk 10 besar.

Dalam Laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2021 pada Rabu (30/03/2022), riset menunjukkan bahwa Makassar berada di peringkat ke-10 untuk kota paling intoleran. Sedangkan untuk posisi pertama diduduki Depok, Jawa Barat.

pt-vale-indonesia

Sementara pada daftar kota paling toleransi, peringkat pertama ditempati oleh Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Di urutan kesepuluh ada Kota Kediri, Jawa Tengah.

Sebagai salah satu kota paling intoleran, Kota Makassar mendapat skor 4,517. Menurut Lembaga Setara, hal itu dinilai adanya produk hukum yang diskriminatif, yang mana eksistensi dan efektif dijalankan pemerintah.

Dalam riset ini, Lembaga Setara Institute juga berusaha memberikan baseline dan status kinerja pemerintah kota dalam mengelola beberapa hal. Seperti kerukunan, toleransi, wawancara kebangsaan, dan inklusi.

Setara Institute sendiri menetapkan empat variabel. Berikut dengan delapan indikator untuk mengukur tingkat toleransi. Diantaranya,

Regulasi Pemerintah Kota: Rencana pembangunan dalam bentuk RPJMD dan produk hukum pendukung lainnya; dan kebijakan diskriminatif.
Tindakan Pemerintah: Pernyataan pejabat kunci tentang peristiwa intoleransi; dan tindakan nyata terkait peristiwa.3
Regulasi Sosial: Peristiwa intoleransi; dan dinamika masyarakat sipil terkait peristiwa intoleransi.
Demografi Agama: Heterogenitas keagamaan penduduk; dan inklusi sosial keagamaan

“Kami juga melakukan self-assesment. Kami tanyakan quesioner ke masyarakat tentang kinerja kota mereka,” tutup Direktur Eksekutif Setara Institute, Ismail Hasani di Menteng, Jakarta Pusat. (*)


BACA JUGA