Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, saat menghadiri Parade Budaya rangkaian Hari Budaya Kota Makassar Tahun 2022 yang berlangsung di depan Museum Kota Makassar, Jalan Balai Kota, Jumat (01/04/2022)

Parade Budaya Makassar 2022, Danny Sampaikan Nasehat Empat Etnis Budaya Makassar

Sabtu, 02 April 2022 | 16:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com


MAKASSAR, GOSULSEL.COM
— Parade Budaya dalam rangka rangkaian Hari Budaya Kota Makassar Tahun 2022 digelar. Kegiatan ini berlangsung di depan Museum Kota Makassar, Jalan Balai Kota, Jumat (01/04/2022).

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tiba di halaman museum kota bersama Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail serta Forkopimda Kota maupun Prov Sulsel dan tamu kehormatan lainnya. Mereka disambut meriah dengan tari tarian penyambutan.

pt-vale-indonesia

Dalam kesempatan tersebut, Danny membawakan tradisi Pappasang. Itu dari empat etnis daerah yang ada di Sulawesi Selatan.

“Pappasang adalah nasehat budaya yang merupakan warisan budaya empat etnis Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar yang didalamnya terkandung nilai nilai, wasiat, amanat yang berisi petuah petuah tentang ajaran moral, etika dan budi pekerti yang luhur,” ucap Danny usai membacakan nasehat dari ke empat etnis daerah di Sulsel.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas mengatakan, sesuai dengan temanya “Warna Warni budaya yang ada di Makassar” diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan rasa kecintaan terhadap seni budaya daerah. Serta mempertahankan seni budaya lokal warisan dari para leluhur.

“Dalam kegiatan ini kami libatkan paguyuban, etnis dan Sanggar seni yang ada di Kota Makassar utamanya bagi mereka yang berada dan tinggal di lorong lorong, dalam wilayah Kota Makassar,” jelasnya.

Parade Budaya dimeriahkan dengan atraksi seni berupa Gandrangbulo 1000 lorong secara daring, Parade budaya dengan menampilkan Cipta Busana Karnaval, tembang daerah Makassar, Sinrilik serta aneka pertunjukan budaya menarik lainnya.(*)