Pengukuhan Sjarifuddin Hasan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Strategi Manajemen Koperasi dan UMKM Universitas Negeri Makassar (UNM), di Ballroom Teather Menara Phinisi UNM, Kamis (31/03/2022)

Sjarifuddin Hasan Jadi Guru Besar, Rektor UNM: Beliau Sosok Luar Biasa

Sabtu, 02 April 2022 | 16:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sjarifuddin Hasan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Strategi Manajemen Koperasi dan UMKM Universitas Negeri Makassar (UNM). Pengukuhannya dilaksanakan di Ballroom Teather Menara Phinisi UNM, Kamis (31/03/2022).

Sjarifuddin Hasan yang merupakan Wakil Ketua MPR RI dikukuhkan langsung oleh Rektor UNM, Husain Syam. Nantinya sebagai Guru Besar tidak tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) UNM.

pt-vale-indonesia

Diketahui, Sjarifuddin Hasan pernah dianugerahkan bintang jasa tertinggi, Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus 201. Itu atas jasanya kepada bangsa dan negara terkait ekonomi Pancasila.

Pidat pengukuhannya berjudul “Ekonomi Pancasila dan Implementasi Manajemen Administrasi Bisnis, Strategi Koperasi dan UMKM”. Sjarifuddin pun membahas hukum ekonomi untuk menstabilkan kepentingan intervensi pasar.

“Tujuan dari ekonomi Pancasila bertujuan untuk membangun ekonomi yang adil dan merata. Untuk itu setiap penguasa dibutuhkan keberpihakan untuk mendorong agar lebih efektif dan produktif secara maksimal,” ujarnya.

Sementara dari segi Koperasi dan UMKM, faktor utama dalam menghadapi dan mencapai tujuan adalah dengan mendorong koperasi. Agar selalu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai AD/RT Koperasi.

“Langkah ini sekaligus untuk meningkatkan kualitas koperasi dan mengkampanyekan gerakan masyarakat sadar koperasi. Respon masyarakat sangat tinggi khususnya dari komunitas wanita dan penggiat koperasi wanita yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelas Politisi kelahiran Palopo 17 Juni 1949 itu.

Pada kesempatan itu, Rektor UNM, Husain Syam memberikan sambutannya. Ia menyampaikan bahwa guru besar merupakan sebuah amanah, bukan sekadar gelar tertinggi dalam dunia pendidikan.

“Ini adalah tugas yang berat Prof Sjarifuddin Hasan, karena guru besar merupakan profesi yang harus bisa memberikan keteladanan. Tapi saya percaya beliau adalah sosok luar biasa dan tangguh,” ucap Prof Husain Syam.

Menurutnya, dalam pidato Sjarifuddin Hasan juga sudah menunjukkan sebagai guru besar yang handal dan profesional. Sebab, struktur bahasa dan gesturnya sangat bagus.

Rektor juga menegaskan bahwa UNM sangat mendukung peran aktif ilmu pengetahuan. Hal itu, jelasnya, bertujuan agar pengembangan ilmu pengetahuan bisa sampai pada nilai yang sesungguhnya.

“Tentu harapan kami kepada Prof Sjarifuddin Hasan agar seluruh ide dan buah pikiran cemerlangnya bisa setiap saat disumbangkan kepada UNM dalam memajukan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia,” tutup Guru Besar Teknologi Pertanian ini.(*)