Bapenda Makassar-Tangerang Selatan Bahas Upaya Peningkatan PAD Lewat Digitalisasi

Minggu, 03 April 2022 | 15:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra beserta pejabat strukturalnya bertandang ke Bapenda Tangerang Selatan pada 31 Maret lalu. Lawatannya sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menuju Rp2 Triliun.

Dalam kunjungannya, Bapenda Makassar membahas peningkatan pendapatan daerah khususnya di sektor pajak daerah yang berbasis inovasi dan aplikasi. Tujuannya, mendekatkan pelayanan pembayaran pajak daerah kepada wajib pajak.

pt-vale-indonesia

Kepala Bapenda Makassar, Firman Hamid Pagarra menyampaikan, banyak hal yang dibahas dalam kunjungannya di Bapenda Tangerang Selatan. Salah satunya pengelolaan pajak.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Bapenda Kota Makassar untuk merespons dinamika tata kelola pajak daerah khususnya yang berbasis aplikasi,” ucap Firman.

“Beberapa kebijakan yang diteruskan dalam bentuk aplikasi dan sistem digitalisasi yang diterapkan Bapenda Tangerang Selatan, sangat membantu dalam hal optimalisasi pajak daerah,khususnya PBB dan BPHTB,” tambahnya.

Kepala Bapenda Tangerang Selatan, Moch. Taher Rachmadi beserta pejabat dan staf menyambut secara baik kunjungan Bapenda Makassar. Kata dia, pihaknya saat ini juga mendorong penggunaan aplikasi untuk mengoptimalkan pelayanan pajak.

“Di Tangerang Selatan, beberapa kebijakan yang dituangkan dalam bentuk aplikasi dengan sistem informasi data yang baik akan mampu menganalisis, mengintegrasi dan menyimpan basis data baik secara objek dan subjek untuk menunjang pendapatan Kota Tangerang Selatan”ujar Taher.

“Tidak hanya aplikasi, beberapa kebijakan relaksasi pengurangan pajak di PBB dan BPHTB memberi keringanan bagi wajib pajak sesuai perwali no.40 Tahun 2019 tentang pengurangan dan penghapusan sanksi /denda administratif Pajak Bumi Dan Bangunan guna menunjang peningkatan pendapatan asli daerah kami,” tutup Taher. (*)


BACA JUGA