ilustrasi THR/int

TPP Plus THR Pemkot Makassar Dibayarkan Satu Pekan Sebelum Lebaran

Senin, 18 April 2022 | 18:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah menyiapkan anggaran hingga Rp60 Miliar. Alokasi dana itu untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1443 H bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

”Sepertinya tidak beda seperti tahun lalu, sekitar Rp50 Miliar sampai Rp60 Miliar,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar, Muhammad Dakhlan, Senin (18/04/2022).

pt-vale-indonesia

Kendati begitu, spesifikasi pencairan THR bagi ASN, kata dia, masih menunggu petunjuk teknis (juknis). Serta aturan dari Peraturan Pemerintah (PP) dan tindak lanjut dari Peraturan Wali Kota (Perwali) berkaitan dengan THR.

”Kita upayakan nanti mungkin satu pekan sebelum Lebaran. Ada anggarannya, satu bulan gaji. Spesifikasinya, nanti kita lihat juknis, belum turun PP,” papar Dakhlan.

Meski demikian, pada prinsipnya, anggaran telah tersedia, tetapi pencairan belum bisa dipastikan. Sebab, menunggu regulasi dan juknis pelaksanaan pencairan THR.

Selain THR, Pemkot Makassar berencana mencairkan dana tambahan penghasilan pegawai (TPP) bagi ASN dalam waktu dekat. Mengingat TPP belum dibayar selama tiga bulan terakhir.

Keterlambatan pencairan TPP tersebut, menurut Dakhlan, karena adanya perubahan regulasi terkait administrasi keuangan. Ia menambahkan, keterlambatan pencairan TPP itu juga karena adanya perbaikan data, menyusul perubahan regulasi perihal administrasi keuangan dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

”Sudah sepekan kami serahkan dokumen perbaikannya ke pusat dan sudah ada surat persetujuan dari Kemendagri, jadi sudah jelas TPP akan kami bayarkan segera,” tutup Dakhlan.(*)


BACA JUGA