Danny-Rudianto Lallo Ajak Warga Makassar Berzakat

Minggu, 24 April 2022 | 14:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memuji kesetiaan Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo. Di mana ia terus bersama-sama hadir dalam mensukseskan Gerakan Salat Subuh Berjamaah bersama seluruh Kepala OPD, Camat, Lurah, RT/RW dan LPM se Makassar.

Hal ini disampaikan Danny Pomanto usai melaksanakan Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Bertempat di City of Makassar Anjungan Pantai Losari, Minggu (24/04/2022)

“Dalam program Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaa ini, ada sosok ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo yang senantiasa bersama kita selama program ini dilaksanakan. Mari kita berikan tepuk tangan atas kesetiaan dan pertahiann Ketua DPRD Makassar,” ujar Danny.

Danny Pomanto juga menyampaikan apresiasi kepada Forkompimda Makassar yang yang tak henti-hentinya memberikan dukunganya di program salat subuh berjamaah hingga terlaksana dengan baik. “Mereka semua yang membantu mensukseskan program Pemerintah Kota Makassar,” kata Danny.

Pada Gerakan Salat Subuh yang terakhir pada Ramadhan ini, Danny Pomanto menyampaikan beberapa hal penting keseluruh warga Kota Makassar. Salah satunya mengajak seluruh warganya mengeluarkan zakat.

“Zakat itu untuk diri kita masing-masing. Menyelematkan diri sendiri, bukan untuk orang lain. Di 10 terakhir ramadhan ini, saya mengajak seluruh wargaku untuk menyalurkan zakatnya ke badan amil zakat nasional (Baznas) Kota Makassar,” ucapnya.

“Hari esok belum tentu milik kita, esok pasti ada, tapi belum tentu milik kita, kemarin telah berlalu dan tidak akan terulang kembali, jadi sekali lagi mari kita manfaatkan kesemapatn ini,” ajak Danny.

Danny melanjutkan jika zakat itu seperti air, jika tidak mengalir maka membusuk, jika tertampung dalam sebuah wadah maka bakterinya semakin banyak, jika kita tidak berzakat. Maka sama dengan busuknya air yang tertampung dalam wadah tertentu.

“Pesan ini saya sampaikan, saya ingin generasi makassar selamat dunia dan akhirat,” tutup Danny.

Senada dengan Danny Pomanto, Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo mengatakan mengeluarkan zakat fitrah adalah kewajiban bagi ummat muslim. Zakat Fitrah ini hanya dilakukan sekali dalam setahun, yakni pada bulan Ramadhan.

“Pentingnya zakat ini ada pada rukun islam yang keempat. Jadi Seruan Pak Walikota dan ibu Wakil Walikota itu bukan untuk dirinya, ini untuk diri kita masing-masing,” ujar Rudianto Lallo.

Rudianto Lallo yang juga alumni pesantren itu menambahkan zakat fitrah bukan hanya membagikan sebagian harta bagi muslim yang mampu. Tapi juga sebagai upaya untuk membersihkan diri dan menyempurnakan ibadan puasa Ramadhan yang sudah kita jalani selama sebulan penuh.

“Berzakat itu menyucikan jiwa manusia dari sifat keji, kikir, pelit, rakus, dan tamak. serta membersihkan jiwa dari rasa bakhil dan berbagai akhlak tercela,” tutup Politisi NasDem ini. (*)


BACA JUGA