Bank Mandiri Region X Sulawesi & Maluku mengadakan kegiatan ceritra ekspor di Rumah Ekspor Mandiri, Jalan Kartini Nomor 19 Makassar/Ist

Rumah Eskpor Mandiri Edisi Kartini, Eskportir Bercerita Jadi Wanita Tangguh di Era Ekonomi Digital

Minggu, 24 April 2022 | 22:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam rangka menyambut hari Kartini Tahun 2022, Bank Mandiri Region X Sulawesi & Maluku mengadakan kegiatan ceritra eksport di Rumah Ekspor Mandiri, Jalan Kartini Nomor 19 Makassar. Tema yang diusung “Menjadi Wanita Tangguh di Era Ekonomi Digital Melalui Kegiatan Eksport”.

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsinah, Kepala Balai Besar KIPM Makassar, Sitti Chadidjah, Vice President Bank Mandiri Area Parepare, Humaira La Hambu dan Jenita selaku Owner PT Lebang Indokopi Toraja. Semuanya merupakan perempuan.

pt-vale-indonesia

Hadir pula 20 Wanita pemilik UMKM. Mereka siap melakukan ekspansi pasar ke luar negeri atau eskpor.

Selain bertujuan untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan ekspor yang dihadapi UKM di Sulawesi Selatan, juga menjadi sarana diskusi dan potensi bisnis bagi para pelaku ekspor sebagaimana. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

Ia menyampaikan tujuan cerita ekspor ini adalah untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan ekspor. Di mana dihadapi UKM di Sulawesi Selatan.

Kapala Balai Besar KIPM Makassar membeberkan potensi ekspor komoditi perikanan yang mengalami peningkatan. Serta berbagai kemudahan ekspor dalam pelayanan Balai Besar KIPM Makassar.

Area Head Bank Mandiri Parepare sebagai perwakilan dari Bank Mandiri mendukung penuh semangat dari para UMKM pelaku ekspor. Baik melalui asistensi, pendampingan dan juga pembiayaan.

Hal yang menarik lainnya adalah sharing dari owner PT Lebang Indokopi Toraja, Jenita. Ia merintis usaha dari nol, sampai mampu ekspor ke Australia, Amerika dan Korea.

Jenita mendorong para pengusaha wanita, untuk selalu semangat, tidak pantang menyerah dan terus mengembangkan diri, karena untuk setiap usaha yang dilakukan dengan penuh keyakinan pasti akan memberikan hasil indah pada waktunya.

Bukti hasil dari keuletan dan perjuangan juga ditunjukan dari keberhasilan Sadaria. Ia merupakan eksportir sapu lidi asal Polman yang telah berhasil menembus pasar India.

“Semoga dengan kegiatan cerita eksport ini mampu menjadi solusi dan menunjukan ketangguhan para Srikandi Indonesia dalam upaya menembus pasar ekspor dunia,” harapnya. (*)


BACA JUGA