Suasana pelaksanaan salat idul Fitri yang diikuti Bupati Gowa di masjid Agung Syekh Yusuf, Senin (02/05/2022)/Ist

Dihadapan Jemaah Salat Id, Adnan Sampaikan Program Prioritas Pemkab Gowa

Selasa, 03 Mei 2022 | 23:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSUSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni bersama unsur forkopimda melaksanakan salat idul Fitri di masjid Agung Syekh Yusuf, Senin (02/04/2022) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan program prioritas Pemkab Gowa. Salah satunya pada Bidang Keagamaan dimana Rumah Tahfidz yang sedang dalam tahap pembangunan diperkirakan selesai tahun ini.

pt-vale-indonesia

“Pada periode kedua ini, saya bersama Pak Wabup menjadikan keagamaan sebagai program prioritas. Insya Allah tahun ini Rumah Tahfidz yang menjadi milik pemerintah yang terletak di Kecamatan Bajeng akan rampung,” jelasnya.

Adnan menyebutkan program yang dilakukan melalui Rumah Tahfidz ini akan mencetak generasi-generasi penghafal Qur’an dengan bekerjasama pemerintah desa/lurah yakni 1 desa/lurah 1 hafidz Qur’an.

Tak hanya itu pada bidang pendidikan juga, Adnan-Kio akan melanjutkan program pendidikan gratis dan program pendidikan seperempat abad dengan memberikan beasiswa kepada putra-putri Gowa berprestasi yang ingin berkuliah di perguruan tiggi terbaik Indonesia.

“Selanjutnya pendidikan, Insya Allah semua yang sudah berjalan akan terus kita lanjutkan namun yang terbaru yaitu bekerjasama dengan pemerintah desa/lurah untuk memberikan beasiswa kepada mereka yang ingin berkuliah di perguruan terbaik di Makassar,” tambah Adnan.

Sementara di bidang kesehatan, dimana RS Pratama di Bontonompo yang dibangun juga sementara berjalan dan ditargetkan selesai di tahun 2024, dengan adanya RS tersebut akan memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

“Kita sedang membangun RS Pratama, Insya Allah setelah ini rampung masyarakat Bajeng, Bontonompo, Bajeng Barat dan sekitarnya tidak harus lagi ke RSUD Syekh Ysuuf untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tetapi sudah ada RS terdekat yang bisa menjangkau mereka,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, untuk mewujudkan program strategis tersebut, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak. Pasalnya dengan kolaborasi dan kerjasama yang ada, program yang direncanakan dapat terwujud untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Gowa di masa yang akan datang.

Pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri, turut didengarkan khutbah yang disampaikan, KH Kaswad Sartono, dimana melalui puasa Ramadan yang dilakukan selama sebulan mengajarkan pentingnya memiliki kesabaran dan disiplin yang luar biasa.

Selain itu salah satu keistimewaan yang terdapat dalan bulan suci Ramadan yakni terdapat malam Nuzulul Qur’an atau peristiwa turunnya Al-Qur’an yaitu ayat pertama Iqra yang berisi perintah membaca.

“Mudah-mudahan program keagamaan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Gowa yaitu Rumah Tahfidz ini bagian dari upaya melahirkan SDM yang cerdas yang berdasarkan Al Qur’an dan hadist,” sebutnya.(*)


BACA JUGA