PUPR Gowa Godok Aplikasi Bernama SIMTARU, Ini Tujuannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa akan membuat aplikasi bernama Sistem Informasi Tata Ruang disingkat SIMTARU Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin mengatakan bahwa tujuan aplikasi ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring, evaluasi dan pengendalian pemanfaatan ruang,

Kemudian terwujudnya sistem informasi tata ruang yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat dan dunia usaha. Terakhir tersedianya layanan pengaduan berbasis online terhadap penyimpangan pemanfaatan ruang.

“Aplikasi SIMTARU ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Insya Allah sudah bisa diakses pada bulan Oktober mendatang. Sekarang sementara tahap pengumpulan data melalui kegiatan seminar,” ujarnya saat menghadiri Seminar Awal Pembuatan SIMTARU di Ruang Pertemuan Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Kamis (12/05/2022).

Dirinya menyebutkan beberapa fitur dan halaman pada aplikasi ini yaitu Home Page, halaman yang ditampilkan ketika pertama kali visitor mengakses website SIMTARU Kabupaten Gowa.

Profil, yang menampilkan informasi Visi dan Misi SIMTARU Kabupaten Gowa, Regulasi, menampilkan daftar file-file regulasi yang berkaitan dengan tata ruang Kabupaten Gowa.

Kemudian fitur Pengaduan dan Rekomendasi, Halaman ini berisi form untuk pengunjung mengadukan setiap pelanggaran tata ruang dan merekomendasikan tentang tata ruang di Kabupaten Gowa. Fitur Peta yang menampilkan informasi tata ruang Kabupaten Gowa dalam tampilan peta.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina saat membuka Seminar Awal Pembuatan SIMTARU sangat menyambut baik inisiatif Dinas PUPR Kabupaten Gowa membuat aplikasi ini.

Dirinya mengatakan mengatakan bahwa aplikasi ini sangat dibutuhkan di era saat ini. Apalagi menurutnya saat ini merupakan era keterbukaan informasi.

“Seiring dengan pemahaman masyarakat tentang penataan ruang, penataan ruang keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi. Maka tentu penyajian informasi yang berkaitan penataan ruang semakin meningkat,” ujarnya.

Lanjut Kamsina kehadiran Aplikasi SIMTARU berbasis Webgis sebagai upaya untuk mencapai tujuan penyelenggaraan tata ruang yang efektif dan efisien berdasarkan keterbukaan informasi dan keterlibatan masyarakat.

Dirinya menjelaskan bahwa aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa.

Sehingga keberadaan aplikasi ini dapat digunakan dalam penyelenggaraan penataan ruang yang mengakomodir peran serta masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan berkualitas.

“Akses informasi ini akan mudah diakses bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa tanpa bertemu langsung,” tandasnya.(*)


BACA JUGA