Gubernur Sulsel: Vale Indonesia Bisa Jadi Contoh Sistem Pertambangan Nasional

Jumat, 13 Mei 2022 | 12:31 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

LUWU TIMUR, GOSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kembali menyatakan dukungannya terhadap pertambangan yang dilakukan PT Vale Indonesia Tbk. Ia pun menilai sistemnya atau praktik tambang berkelanjutannya bisa menjadi contoh nasional.

Demikian disampaikan Andi Sudirman saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-19 Luwu Timur (Lutim). Bertempat di Gedung DPRD Lutim, Kamis (12/5/2022).

pt-vale-indonesia

“PT Vale juga bisa menjadi contoh sistem pertambangan di nasional, di Indonesia. Orang-orang di sini (PT Vale) termasuk bagus dalam menata sistem pertambangan. Saya tahu, karena saya lama di perusahaan asing dan tahu itu,” ucap Andi Sudirman.

Juga diketahui PT Vale Indonesia telah menyerahkan aset Bandara Sorowako untuk dikelola oleh Pemprov Sulsel. Andi Sudirman menyebut apa yang dilakukan Vale bisa menjadi contoh perusahaan tambang lain.

“Ini salah satu bentuk komitmen PT Vale, tidak banyak (perusahaan tambang) yang mau seperti ini (menyerahkan aset bandara). Coba cek, banyak yang tidak bisa berbuat banyak, ini (PT Vale) luar biasa,” ungkapnya.

Andi Sudirman pun mewakili masyarakat dan pemprov juga berterima kasih kepada PT Vale atas penyerahan Bandara Sorowako secara resmi. Ia bercerita bahwa upaya pengelolaan Bandara Sorowako digagas sejak 2021.

Adapun wacana pengalihan pengelolaan sudah muncul sejak lama. Di mana sejumlah gubernur berganti dan baru tahun ini bisa diwujudkan.

“Alhamdulillah, ini jadi kabar baik khususnya untuk masyarakat Luwu Raya. Setelah perjuangan bertahun-tahun, PT Vale akhirnya menyerahkan Bandara Sorowako kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Penyerahan Bandara Sorowako dan pengelolaan kebandarudaraan dilakukan oleh Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Vale Indonesia, Febriany Eddy kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Serah terima dilakukan saat Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-19 Lutim.

Ada tiga objek yang diserahkan Vale Indonesia, yakni lahan seluas 25,4 hektar (ha), barang bergerak berupa aset-aset yang berfungsi sebagai sarana dan prasana yang mendukung pengoperasian Bandara Sorowako, serta pengelolaan jasa kebandarudaraan atas Bandara Sorowako di Lutim. (*)


BACA JUGA