SP4N LAPOR Gowa Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:49 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi Online Rakyat (LAPOR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa masuk dalam Top 51 pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 Tahun 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi (PANRB) Tahun 2022.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Setkab Gowa, Sujjadan mengatakan kompetisi ini diikuti Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD dan OPD/Unit Kerja dengan jumlah pendaftar pada kompetisi ini berjumlah 759 peserta Instansi Pemerintah seluruh Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Gowa ditetapkan sebagai TOP 51 Peserta Terbaik. Peserta yang lolos ini, hanya terdiri dari 11 Instansi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia dan hanya Pemkab Gowa yang berasal dari Instansi Pemerintah wilayah Indonesia Timur,” kata Sujjadan, Selasa (17/5/2022).

Dirinya menyebutkan bahwa penyelenggara kompetisi ini adalah KemenPANRB, Kemendagri, KemenKomInfo, Kantor Staf Presiden (KSP) dan Ombudsman RI. Kompetisi ini diluncurkan pada tanggal 17 Februari 2022, kemudian pendaftaran peserta kompetisi ini dimulai pada 18 Februari 2022 sampai dengan 14 April 2022.

“Kompetisi ini merupakan seleksi dan penilaian kepada penyelenggara pelayanan publik, pesertanya terdiri dari: Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD dan OPD/Unit Kerja dan bertujuan untuk memotivasi penyelenggaran pelayanan publik untuk membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang berkualitas,” jelasnya.

Sujjadan juga menyebutkan kompetisi ini terdiri dari empat kategori yaitu Kategori Outsanding Achievement, Kategori Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, Kategori Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik, serta Kategori Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) Terbaik.

Usai penetapan TOP 51, tahapan selanjutnya kata Sujjadan yang akan diikuti Pemkab Gowa yaitu melaksanakan Presentasi, Wawancara dan Observasi Lapangan dihadapan Tim Panel/Juri sebagai Kegiatan Evaluasi Lanjutan/Penjurian Kompetisi yang akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 27 Mei 2022.

“Dari peserta yang mengikuti evaluasi lanjutan, akan ditetapkan TOP 10 Peserta Terbaik. Kita berharap Kabupaten Gowa bisa masuk dalam TOP 10,” harapnya.

Dikutip dari website Kemenpan RB, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyebutkan Peserta terbaik tersebut terdiri dari enam peserta dari perwakilan Instansi Pemerintah (IP) untuk kriteria Outstanding Achievement, 30 peserta merupakan perwakilan dari IP Umum, dan 15 peserta merupakan perwakilan dari Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP).

“51 peserta terbaik tersebut akan masuk ke dalam tahap evaluasi lanjutan/wawancara. Penilaian lanjutan terhadap 51 peserta ini adalah presentasi, wawancara, dan observasi lapangan jika dibutuhkan. Presentasi dan wawancara dilakukan dalam waktu bersamaan dihadapan panel Tim Evaluasi,” kata Diah.(*)


BACA JUGA