Foto bersama usai penyerahan bantuan kepada UMKM Saripah Tailor melalui program ACTION, Rabu (18/05/2022)

UMKM di Makassar Diberi Bantuan Melalui Program ACTION

Rabu, 18 Mei 2022 | 22:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah UMKM di Kota Makassar ketiban rezeki. Mereka mendapat dukungan untuk terus perkembang melalui program ACTION.

Program ACTION merupakan inisiasi dari enam lembaga nirlaba sosial untuk membantu para UMKM. Mereka ialah Hivos, CISDI, Insitut Kapal Perempuan, PUPUK, dan Sabda.

pt-vale-indonesia

Salah satu UMKM yang mendapat bantuan dari program ACTION ini adalah Saripah Tailor. Kegiatan penyerahan bantuan itu berlangsung pada Rabu (18/05/2022).

Institut Kapal Perempuan diketahui berfokus pada UMKM perempuan memberikan langsung bantuan kepada Saripah Tailor. Dan dikordinatori langsung oleh Hivos.

Manager ACTION Project dari Hivos, Yesua YDK Pellokila mengatakan program ini mendapat sokongan dana dari Uni Eropa. Keenam lembaga nirbala itu didorong untuk membuat sebuah program membantu masyakarat.

“Dana itu dikelola oleh enam lembaga. Jadi ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat miskin dan rentan. Sehingga, bisa menghidupi ekonominya dan keluarga,” ungkap Yesua.

Program ACTION sendiri menyasar 157 komunitas atau UMKM untuk diberikan bantuan. Adapun Makassar telah dipilih sebagai pemberian bantuan untuk masyarakatnya.

“Ada wilayah kerja dari kami untuk project ini. Diantaranya Kota Makassar, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bogor, Kota Jakarta Timur, terus Kota Surakarta,” ucapnya.

Sebelum mendapatkan bantuan, UMKM lebih dulu melakukan pengajuan untuk masuk ke dalam program ACTION. Setelah itu dilakukan seleksi.

“Jadi kita lihat juga kalau dia punya usaha tapi terkena dampak pandemi Covid-19 nah itu kita bantu,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Hartati Andi Usman menyampaikan pihaknya akan terus mendukung geliat UMKM. Ia pun mengapresiasi atas upaya keenam lembaga melalui program ACTION.

“Alhamdulillah ini sangat bagus karena membantu langsung kepada UMKM-nya. Bukan lagi kelompok tapi per individu,” tukasnya.(*)