Upacara Harkitnas, Sekolah di Malino Pakai Sarung

Minggu, 22 Mei 2022 | 12:21 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Ada yang unik dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang digagas Korwil Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa Kecamatan Tinggimoncong ini. Pasalnya seluruh peserta upacara mengenakan sarung aneka warna.

Adanya penampilan unik para peserta upacara yakni memakai sarung diaktualisasikan dalam konsep Gerakan Pakai Sarung Sehari di Malino.

pt-vale-indonesia

Seperti yang dilansir oleh Ujungjari.com, Konsep ini menurut Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Gowa Kecamatan Tinggimoncong Amran Azis, Sabtu (21/5/2022) pagi dilakukan sebagai upaya memperkuat kearifan lokal masyarakat Gowa.

” Tidak ada hal lain selain dari upaya kami memperkuat kearifan lokal budaya masyarakat bahwa kita masyarakat Gowa atau Tinggimoncong secara khusus adalah masyarakat yang suka akan budaya dan tradisi daerah yakni mengenakan sarung. Sarung ini memberi efek bahwa kita masyarakat desa yang memelihara keharmonisan dan kekompakan bersama dalam mengawal Malino sebagai kota wisata yang dicintai wisatawan dari manapun,” jelas Amran Azis.

Usai pelaksanaan upacara, peringatan Harkitnas tahun ini di kota Malino diwarnai aksi seni para pelajar dan pemuda antara lain vocal group dari kelompok guru-guru, pembacaan puisi, senam bersama dan beberapa kuis dan game yang diikuti para peserta upacara.

Upacara Harkitnas yang dipimpin Danramil 04-1409 Tinggimoncong Kapten Inf Rudi Sitaba ini diikuti ratusan pelajar dari berbagai tingkatan sekolah mulai TK Paud, SD, SMP sederajat serta SMA sederajat. Kegiatan Harkitnas ini juga diikuti oleh sejumlah organisasi kepemudaan maupun ormas dan keagamaan.(*)


BACA JUGA