Program Koica at Home, Pemeriksaan Kesehatan Gratis ala PMI Makassar-KOICA

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar bersama Korea International Cooperation Agency (KOICA) menggelar kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiata ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Makassar.

Kegiatan tersebut berlangsung di tiga tempat berbeda. Diantaranya, Masjid Al-Huda Kompleks BTN Agraria Kec. Rappocini, GOR Unhas dan Gedung PKM Kampus PNUP Kecamatan Tamalanrea, Rabu (25/05/2022).

Acara ini merupakan rangkaian dari tindak lanjut program KOICA Safety at Home. Dan kembali berkolaborasi dengan PMI Makassar.

Tujuan program Koica 2 ini adalah untuk mencegah penularan yang meluas dan memperkuat kapasitas masyarakat. Khususnya dalam kesiapsiagaan bencana, krisis kesehatan, kematian dan dampak sosial.

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut masyarakat bisa melakukan beberapa pemeriksaan. Misalnya, cek tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol serta melakukan konsultasi kesehatan.

Dari pantuan antusias masyarakat begitu besar. Itu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di tiga titik lokasi tersebut.

Data yang diterima jumlah masyarakat yang diperiksa sebanyak 239 orang hingga saat ini. Terdiri dari 117 laki-laki dan 122 perempuan yang berusia 15 tahun hingga 78 tahun.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, menyampaikan terima kasih. Sebab, telah mempercayakan PMI Makassar sebagai tuan rumah pada program Koica Safety at Home.

“Kami berharap kerjasama ini terus terjalin, sehingga PMI Makassar bisa terus memberikan manfaat yang betul betul menyentuh langsung masyarakat,” tutupnya.(*)